Sunday, December 1, 2013

Who am I?

My Self

Saya adalah seorang 'newbie' dalam dunia 'traveling' , saya baru aktif melakukan perjalanan sejak tahun 2008. Kenapa baru tahun 2008? Karena di tahun itulah saya mulai bekerja dan mampu membiayai hidup saya sendiri. Sebelumnya sungkan aja kalau mau minta duit ke orang tua untuk jalan-jalan, apalagi kalau untuk ke luar negeri. Di tahun itu juga, saya mulai hobi membaca buku traveling yang akhirnya menginspirasi saya untuk traveling. Sejak saat itu, saya mulai hobi berburu tiket promo dan berselancar di website-website bertema pariwisata. Tahun 2011 saya mulai menulis blog untuk menyimpan semua kejadian-kejadian menarik dan berkesan dalam hidup saya, termasuk di dalamnya pengalaman saya selama traveling. Entah kenapa kejadian menarik yang sering saya alami adalah kejadian ‘apes’ bukan kejadian ‘mujur’. Perjalanan pertama saya ke luar negeri pun menjadi salah satu pengalaman 'apes' yang pertama kali dan tak terlupakan dalam catatan perjalanan saya. Untuk mendatangkan kemujuran berbagai usaha telah saya lakukan mulai dari berdoa sampai selalu menyediakan waktu untuk mengunjungi lokasi yang membawa keberuntungan dan menjalankan ritualnya, seperti ‘touch the water’ di Fountain of Wealth, Suntec City. Hasilnya? Sepertinya di akhir tahun 2013 ritual saya ini mulai membawa hasil dengan berhasilnya tulisan saya terpilih untuk diterbitkan dalam 1 buku bersama dengan penulis yang sudah tinggi jam terbangnya. Buku apa itu? baca saja di postingan saya di awal tahun 2014 ya. 




My Goals

Tujuan awal saya nulis blog adalah untuk menyimpan memori apa saja yang berhasil saya capai dalam hidup saya, saya percaya kalau saya yakin saya bisa melakukannya, hal itu pasti akan saya capai suatu hari nanti. Oleh karenanya judul blog ini 'Yes, I can do it!'. Memang mayoritas isinya berupa catatan perjalanan saya. Sejak 2008 sampai saat tulisan ini dibuat saya telah berhasil menginjakan kaki di 7 propinsi di Indonesia dan 7 negara di Asia. Belum banyak memang, tapi saya yakin jumlahnya akan terus bertambah setiap tahunnya, I believe I can do it ! 

Seiring berjalannya waktu, tujuan menulis saya mulai berkembamg dari sebuah ‘pensieve’ menjadi suatu media yang saya harap bisa bermanfaat bagi orang-orang yang membacanya. Karena itu, saya pun mulai menambah beberapa postingan berupa tips dan trik versi saya sendiri. 



My Travel Style

Kalau ditanya manakah yang saya pilih menjadi traveler atau tourist? bawa koper atau ransel?  luxury traveling atau budget traveling?  Ehem.. untuk 2 pertanyaan pertama jawaban saya bukan keduanya. Saya adalah seorang penikmat jalan-jalan, yang traveling dengan tujuan utama untuk refreshing dan mengenal budaya lain. kalau disuruh memilih antara koper atau ransel, saya pilih keduanya, hehehe.. sekarang jaman modern, dipasaran sudah banyak koper beroda ukuran cabin yang bisa juga diransel. Saya punya 1 koper ransel ukuran cabin  andalan yang selama ini selalu menemani saya traveling dengan budget airlines (baca: budget airlines = tanpa bagasi ^^). Kalau naik full board airlines saya lebih memilih untuk membawa koper ukuran 25' , apalagi kalau traveling waktu winter / autumn yang bajunya tebal-tebal. Kenapa 25' karena koper ini tidak terlalu besar, dan juga tidak terlalu kecil, serta biasanya masih diperbolehkan untuk dibawa masuk ke dalam metro/subway.  Alasan tambahan kenapa saya memilih koper 25' karena kalau koper ini diisi penuh saya masih sanggup untuk mengangkatnya naik turun tangga subway/penginapan dan ini satu-satunya koper saya yang memiliki 4 roda. Koper 4 roda = lebih ringan dan lebih mudah digeret untuk perjalanan jauh. Walau bawaan saya koper, mau ukuran koper 20' atau 25' saya tetap traveling on budget. Hehehe jadi bawaan boleh koper gede segaban, tapi menginapnya tetap di hostel dan kemana-mana tetap pake subway/metro bukan dengan taksi. 



Selama ini saya selalu membuat sendiri rencana perjalanan saya. Saya tidak pernah membeli paket tur dari travel agent. Perjalanan pribadi saya dengan grup besar > 20 orang hanya trip bareng ke Korea-nya Mbak CK. Sisanya adalah perjalanan bisnis, yang kebanyakan merupakan perjalanan dalam rangka gathering kantor.





My Inspirators

Ada dua orang penulis buku traveling yang menginspirasi saya untuk traveling dan membuat catatan perjalanan. Mereka adalah Mbak Trinity dan Mbak Claudia Kaunang. Buku-buku mereka selalu menjadi referensi utama saya ketika saya membuat itinerary untuk rencana traveling saya. Thank you so much Mbak CK, Mbak Trinity karena telah membuat saya berani untuk 'independent traveling'.  Semoga saja suatu hari nanti saya bisa bebas dari dunia kantoran yang membosankan dan bisa menjadi full time traveler. 





My Blog

Saya terus berusaha untuk membuat setiap postingan dalam blog saya ini mudah dibaca, dipahami dan dicari. Awal tahun 2016 kemarin saya mulai melabel ulang tiap postingan dengan harapan dapat lebih mempermudah pembaca. Isi blog ini kebanyakan tentang traveling dan hanya beberapa tentang cerita kehidupan saya sendiri. Buat yang mau cari informasi tentang negara-negara atau tempat-tempat yang pernah saya tuju, silakan klik label yang diawali dengan kata My Journey, ex. My Journey – Seoul, My Journey – Singapore, dll. Buat yang mencari tips & trick silakan klik label tips & trick, begitu pul untuk topik seputar visa silakan klik label visa.

Tulisan blog ini kebanyakan memang seputar Korea, ini karena Korea Selatan adalah negara favorit saya – jadi saya punya banyak bahan untuk postingan hahaha…

Mulai tahun 2016 ini, saya bertekad untuk posting minimal 1 artikel setiap bulannya. Buat yang mau request ulasan atau tanya-tanya silakan email saya atau message saya via facebook.



My SNS

Buat yang belum tau SNS – SNS adalah singkatan dari Social Network Services, ini adalah istilah yang digunakan di Korea Selatan untuk sosial media. Berikut link untuk SNS saya, silakan add saya untuk mengetahui setiap postingan baru di blog ini atau bisa juga dengan subscribe sebagai follower di blog ini.

Khusus untuk facebook, mayoritas postingan saya adalah seputar Korea, jadi kalau mau tau informasi ter-update tentang dunia pariwisata Korea bisa follow FB saya yach *promosi*




Twitter: @tee2cya

Instagram: @tee2cya





“I live to express not to impress”