Saturday, July 6, 2019

Review: Marhen.J & ilotte.id


Marhen.j? 
Ini adalah merek tas made in Korea hasil karya desainer lokal Korea yang belakangan ini cukup tenar di Jakarta . 
Disebut tenar karena ada banyak penjual yang buka jastip dan banyak juga yang pada mau titip begitu mendengar ada yang mau jalan-jalan ke Korea. Belum lagi dengan banyaknya reseller asal Indo yang gue temui saat mengunjungi toko-toko marhen J di Seoul sana - kok gue tau kalau dia reseller? Karena dia sekali beli 1 model yang sama bisa 10 pcs. 

Nah, kemarin ini gue mencoba beli tas ini di ilotte.id lewat aplikasi mobilenya. Yang gak disangka-sangka barangnya tiba hanya dalam 1 minggu padahal dikirim langsung dari Korea. Sebagai wujud penghargaan gue untuk ilotte yang udah mengirimkan tas tercinta gue tiba dengan waktu sesingkat-singkatnya (lebay ^^), maka gue putuskan untuk posting review ini dengan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yg gue dapat dari DM setelah IG story gue direpost oleh Marhen.J. (gile banyak banget yang DM tanya ~ dari akun yg gue kenal sampe yg gak). 



Kenapa gue beli Marhen.J (kenapa bukan find kapoor aja atau brand lain yang lebih murah)? 

Sebelumnya ijinkan gue mengutarakan apa saja yang gue perlukan dari sebuah tas: 

1. Bawaan gue banyak - karena isi tas gue udah saingan sama kantong doraemon - jadi gue perlu tas yang: ringan saat ditenteng dan diselempang, punya banyak kompartemen, dan kuat tali selempangnya. 

2. Gue kemana-mana 99% naik kendaraan umum (ojol, taksi online dan offline, mrt, busway) + jalan kaki.  Jadi gue perlu tas yang: tahan banting di segala medan (anti badai kalau perlu), tahan air, ada penutupnya, memudahkan gue disaat lagi kepepet harus segera dapatkan 1 barang didalamnya (misal: kartu transportasi), serta punya model yang simpel, warna netral dan tidak 'menarik perhatian' orang.

3. Gue punya tempat penyimpanan yang terbatas di kamar, jadi tasnya harus: tidak makan tempat saat disimpan, gak perlu perawatan khusus apalagi yang perlu disimpan di suhu tertentu (ribet!), punya model timeless (penting!), dan gak mudah rusak (tahan lama).

Nah, dahulu sebelum Marhen.J beredar dipasaran, tas yang bisa memenuhi  ketiga syarat yang gue minta diatas hanya brand F dan L. (Kagak perlu disebut lah ya brand apa - kan temanya Marhen.J jadi pantang sebut merek lain ^^). Sekarang, ketiga syarat itu gue temukan di tasnya Marhen.J yang namanya Roy bag - water proof, punya banyak kompartemen, selempang yang bikin tas jadi terasa ringan dan gak sakit / bikin capek saat diselempang, gampang perawatannya, penyimpanan gak makan tempat serta modelnya gak 'heboh'. 

Karena itulah gue beli si roy bag mini. Kenapa yang mini? 
Karena gue udah punya tas ukuran besar, yg lagi perlu yg ukurannya mini. 

Kenapa gak beli di tokonya langsung waktu 'pulang kampung' kemarin ke Korea? 
Karena 2 kali gue ke sana, sold out roy mini blacknya huhuhu. 
*Fyi, tas-tas kanvas Marhen.J itu peminatnya sangat banyak, jadi biar kata kalian beli langsung di Korea, gak ada jaminan bakal dapat model yang diinginkan apalagi yang limited edition seperti all black edition. 
Klo udah sold out, eonni eonni yg jaga store biar ditanya pake cara apapun akan menjawab mereka belum tau kapan barang akan datang lagi. 

Kenapa beli di ilotte.id? 
1. Karena ilotte adalah satu-satunya seller resmi di Indonesia. Ini udah di confirm langsung oleh pihak Marhen.J via official instagram mereka. 
Benernya ada alternatif lain, yaitu beli online di website Marhen.J. Lumayan menggoda sih discountnya di sana, sering ada bonus pouch juga ataupun promo pre-order. Tapi, yang jadi masalah adalah harga jualnya pake USD - nah loh nilai rp kan jatuh banget ya klo udh ketemu USD - salah-salah harganya bisa jadi lebih mahal. Pengiriman juga pake EMS. Gue agak trauma dengan EMS, biasanya pake drama ambil sendiri di kantor pos karena ada bea laluan atau bahkan karena kena tax.

2. Harga jualnya kurang lebih sama dengan harga di Korea + sering ada promo tambahan lagi yang membuat harganya jadi semakin lebih rendah dari harga di Korea. 

3. Sering banget ada promo free ongkir dan yang paling penting bebas drama 'perpajakan'/bea masuk. Tinggal duduk manis, barang datang. 

Shopping marhen j via ilotte
Penampakan paket dari ilotte dan isinya - packaging tas sama persis dengan beli langsung di Korea

Gak nyangka dalam 1 minggu barang tiba - luar biasa! Padahal pengiriman langsung dari Korea

(+) belanja di ilotte.id
  1.  Appnya cukup user friendly
  2. Harga hampir sama dengan di Korea dan kadang lebih murah dari harga jual online shop tetangga. 
  3. Promonya banyak - kapan hari  waktu lebaran ada diskon sampai Rp 500.000. 

(-) belanja di ilotte.id
  1. Kadang pengiriman  bisa terlambat - yg kadang bukan karena mereka yang lama sih. Klo dalam kasus Marhen.J, rasanya pengiriman jadi lama karena stok di store-nya pun memang lagi sold out (ini bukannya mau belain ilotte- tapi kemarin memang gue cocokin sendiri dengan kondisi di store). 
  2. Packaging waktu pengiriman ke alamat kita cuma pake sealed bag ala duty free (kagak transparan sih klo yg ini). Benernya gak masalah sih karena tas Marhen.J kan boleh dikatakan cukup tahan banting ya. Cuma, kalau bisa pake kotak, kenapa tidak ya? Mengingat harganya kan lumayan. Iya gak? 
Nah, klo beli dari official website Marhen.J, karena dia kirim pake EMS udah pasti ada kotaknya. 

Apa aja yang include dalam Marhen.J Roy mini? 
Marhen j roy mini black

  1. Tas Marhen. J pastinya ^^ 
  2. Tali selempang 
  3. Tag - lengkap dengan barcode yg bisa di scan dengan aplikasi hidden tag untuk mengecek keaslian produk. *untuk tas ini begitu tiba udah langsung gue scan pake hidden tag dan hasilnya terbukti BARANG ASLI. Bukannya gak percaya sama ilotte, tapi siapa tau kan ada yg iseng sebelum dikirim barang ditukar dengan yg palsu. 
  4. Plastik transparan pembungkus. *iya anda tidak salah baca, tas Marhen.J untuk yg kanvas memang hanya dibungkus dengan plastik transparan. Ketika saya beli di store di Korea pun sama. Mau di Hongdae ataupun Lotte Myeongdong, semuanya sama. Jadi, kalau sampai ada yang beli trus datang dengan dust bag, nah itu perlu segera di scan di hidden tag :).
  5. Khusus pembelian di store Hongdae - kalian juga akan dapat paper bag Marhen.J. Kalau belinya di store di Lotte Myeongdong bakal dapat paper bag Lotte doang. 


Kalau mau beli langsung di Korea beli di mana? 
Saat ini ada 2 store: 
  1. Hongdae Flagship store - (Hongdae st (line2/arex). Exit 3- tinggal jalan lurus aja dari exit, ntar store nya ada di sebelah kiri di ujung sendiri) 
  2. Lotte Department store Myeongdong lantai B1- di website Marhen.J sih sebutnya pop up store ini hanya sampai 31 May 2020. (gue sih lebih sering ke sini lewat Euljiro-1ga st.(line 2) exit 7. 
  3. Lotte Department Store Jamsil lantai 3. (Kalo yg ini pasti ketemulah ya lokasinya, tinggal nyari lotte tower yang super tinggi itu aja ^^ . Jamsil st. (Line 2,8 ) exit 3). 
Detailnya untuk lokasi bisa dicek di website resmi mereka. Pastikan selalu cek lokasi update di website sebelum mengunjungi tiap store ya. 

Nah apa yg beda dari ketiga store di atas ? *gue cuma akan komen untuk yg pertama dan kedua yang udah pernah gue kunjungi langsung. 
  1. Store di Hongdae ini lebih sepi dan tempatnya cozy kayak butik gitu karena ini flagship storenya. Tax refund pun ada di sini. Gak pake ribet pula, tax refund cukup tunjukin paspor di kasir langsung dah dapat direct refund. Belanja di sini juga dapat paper bag Marhen.J langsung. 
  2. Di Lotte Dept. Myeongdong, lokasinya di downtown Seoul. Harga sih sama saja dengan di store di Hongdae. Yg beda, kalau di sini tax refund gak direct dari kasir. Kita kudu ke bagian tax refund, ambil nomor dulu, tunggu panggilan, tunjukin paspor, nanti di kasih opsi mau refund dalam bentuk cash atau refund ke credit card. Kalau cash, nanti credit card kita akan diopen sebesar refund - baru akan di close setelah kita lapor di bandara / tgl keberangkatan kita (tidak semua tax refund wajib lapor ke petugas - katanya sih random check). Agak ribet menurut gue. 
  3. Untuk urusan stok, agaknya di Hongdae lebih lengkap koleksinya dari Lotte Myeongdong. 
  4. Harga di store offline terkadang bisa lebih murah dari online, berlaku juga sebaliknya. Tergantung promo yang sedang berlangsung. 

Nah, yg terakhir soal harga, kemarin gue belinya berapa? 
Gue beli dengan harga setelah potongan diskon dari aplikasi jatuhnya sama dengan harga di store KRW 134.100 (silakan di kurskan sendiri ke Rp - belinya di ilotte pake Rp bukan won~ cuma demi menunjukan harga di store gue tulis pake won saja ya.). 

Link website: 


*Postingan ini bukan postingan berbayar - gue gak kerja di ilotte apalagi di Marhen.J.  Tasnya juga gue beli bukan hadiah ^^. 

UPDATE! (per Nov 2020)

Instagram dan toko online resmi untuk market Indonesia

Saat ini Marhen.J sudah punya akun instagram resmi untuk market Indonesia dan online store di Tokopedia. Akun IG nya @marhen.j.idn (hati-jhati ada banyak sekali akun Marhen.J Indonesia, yg official mereka cuma following 1 akun saja. 


Review setelah pemakaian 1 tahun

(+) 
  • Tali selempang terbukti sangat nyaman dipakai walau barang bawaan berat. (fyi, barang bawaan saya: Tumbler 500 ml, powerbank 10000 mah, dompet, hp, payung kecil, make up pouch, medicine pouch, hand sanitizer, blocknote kecil). 
  • Kancing klip tas juga masih ok sampai saat ini, walau saya sering kali membukanya secara terburu-buru. 
  • Jahitan juga masih ok, belum ada jahitan yang lepas. 
  • Tas terbukti tahan air (udah diajak hujan-hujannan beberapa kali dan memang gak tembus ya).
  • Warna tetap ok (tidak pudar - hanya saja..*lihat sisi negatif di bawah).
(-)
  • Warna putih di tas Roy Mini black ini, sangat riskan luntur karena sifat bahan. Usahakan jangan pakai tas Marhen.j berbahan seperti ini yang berwarna cerah saat menggunakan jeans. Kalau mau aman ditenteng saja. Kalau diselempang berisiko kena gesekan dan luntur (hal ini sebenarnya ada disebutkan di label tag-nya Marhen.J, hanya saja gue gak nyangka kalau di celana jeans warna cerah pun dia luntur walau hanya terkena gesekan sedikit). Saran gue, klo mau aman beli saja yg all black. 
  • Karena sifat bahan juga, warna hitam tas juga mudah sekali kotor (untuk warna hitam- membersihkannya lebih mudah, untuk warna putih (gading) agak susah dibersihkan terutama untuk lunturan). Pastikan tangan anda bersih saat membuka / menutup tas (terutama habis pakai touch up powder ya ^^), begitu pula pas menggunakan baju bahan rajut , bulu / serat woolnya bisa nempel di tas. 
  • Selempang agak rawan gesekan karena sifat bahan dan warnanya yang putih. 

Apa gue mau beli lagi tas Marhen.j ke depannya ? Yes, Tapi hanya yang all black untuk bahan yang sama seperti bahan Roy Mini. Mungkin next nya akan beli Roy all black biar bisa bawa laptop juga. 


9 comments:

  1. sis apakah biaya tersebut tidak terkena bea cukai ? dikarenakan harga nya diatas usd 75

    ReplyDelete
  2. Sis apakah warna hitamnya awet? Kalau dipakai aktivitas di luar dan sering terkena sinar matahari apakah warna akan memudar (bladus)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi sis, pertanyaannya sudah aku jawab di email ya , semoga cukup membantu

      Delete
  3. Sis.. aku juga penasaran nih... kan mau beli juga .. tapi di web ilotte itungannya ga ada cukainya.. jangan2 pas barang nyampe ditagih.. kena bea cukai ga kalo beli di ilotte thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sis Hana,
      this is tee2cya (gak tau kenapa aku gak bisa reply comment dari akun yg biasa). Anyway, untuk cukai, saat aku beli di ilotte tahun 2019 yang lalu tidak kena cukai. Total yg aku bayar hanya sebesar harga yg tertera di Ilotte.
      Btw, saat ini mereka sudah punya official online shop untuk market Indonesia di Tokopedia begitu pula IG officialnya *barusan aku tambah infonya di postingan, termasuk review pemakaian.
      Semoga membantu ya! ^^

      Delete
  4. Kalau harus bayar cukai krn pengirimam dari luar, bagaimana cara bayarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kalau untuk ini biasanya ada petunjuknya di surat pengantarnya. Ada baiknya untuk info update, cek di website bea cukai.

      Delete