Sunday, December 3, 2017

ONGALS: The Universal Language is Laugh

Pernah dengar nama ONGALS?



ONGALS adalah grup komedi non-verbal dari Korea dimana para anggotanya akan berkomunikasi dengan bahasa bayi (babling). Grup ini terbentuk dari K-Show Gag Concert-nya KBS pada tahun 2007. Awalnya anggotanya hanya 3 orang yang terdiri dari Cho Joon Woo, Cho Soo Won dan Chae Gyeong Seon, sebelum akhirnya bertambah 1 orang beatboxer bernama Choi Ki Sup. Setelah suksed di Gag Concert, grup ini pun mulai melakukan pertunjukan di luar negeri yang akhirnya mendatangkan banyak penghargaan dari berbagai festival internasional. Penghargaan terbaru yang mereka raih adalah Asian Art's Award Best Comedy dari 2017 Edinburgh Festival Fringe.








Pertunjukan ONGALS di Indonesia diadakan selama 2 hari dari tanggal 25-26 November 2017 dengan masing-masing 2x jam pertunjukan bertempat di CGV Grand Indonesia. Tiket yang saya dapatkan adalah untuk pertunjukan hari kedua dan senangnya KCC tidak hanya memberikan 1 tiket tapi 2 tiket. Hooray!





Review



ONGALS is daebak!

Pertunjukannya 'daebak' banget, gak heran mereka dapat begitu banyak penghargaan. Saya sendiri selalu kagum dengan K-show karena ide pertunjukkannya yang ringan tapi tiada duanya. Sebelum Ongals, K-show non-verbal yang pernah saya tonton langsung adalah Bibap, Cooking Nanta, dan MISO. Keempatnya keren abis.



Pertunjukan ONGALS ini seperti lawak tapi hanya menggunakan 'babbling' sebagai bahasa pengantarnya. Hebatnya, walau tanpa bahasa, penonton dijamin dapat memahami pesan yang disampaikan lewat gerak gerik para anggota ONGALS. Asli lucu banget!


Ongals indonesia




Di pertunjukkannya, mereka juga mengajak penonton berinteraksi dan bahkan ikut ambil bagian dalam show. Walau orang yang terpilih ini dijamin bakal jadi 'korban' dikerjain sama para anggota ONGALS wkwkwk... Selain skill lawak, anggota ONGALS ini juga memiliki skill akrobatik seperti bermain lempar hulahup 10 biji dengan 2 tangan, sulap, musikal, dan juga beatbox. Pokoknya penonton bakal diajak tertawa ria selama 1,5 jam.


Di akhir pertunjukan mereka juga menampilkan video perjalanan mereka dan ada 1 kalimat pengantar yang berkesan buat saya

“ The universal language is not English. It is laugh”

Quotes ini bener banget – semua orang pasti bisa tertawa tapi tidak semua orang bisa bahasa Inggris, jadi we can say that the universal language is laugh.





Thank you Korean Cultural Center Indonesia for giving me an opportunity to watch ONGALS live in Jakarta. 
What a wonderful show! 


id.korean-culture.org

Thank you for coming to Indonesia ONGALS!



Follow KCC Indonesia in Facebook: 











No comments:

Post a Comment