Monday, June 23, 2014

Yeay... The Ho[s]tel 2 is coming to town !

Available Now !! Grab it soon !

Sampai hari ini saya masih tidak percaya kalau tulisan saya terpilih untuk diterbitkan dalam the Ho[s]tel 2. Awalnya naskah tersebut saya tulis untuk blog saya, tapi entah kenapa selalu saja ada halangan untuk posting naskah itu. Yang ujung-ujungnya naskah 'Ini Hostel atau Kos ?!' cuma ngendon di folder draft blog ini sampai berbulan-bulan. 
Sampai akhirnya saya membaca twit dari Mas Ariyanto soal lomba menulis The Ho[s]tel 2, kebetulan waktu itu saya juga baru selesai membaca The Ho[s]tel. Saya sendiri tidak langsung tergerak untuk ikutan saat melihat pengumuman lomba tersebut di twit pertama. Saya baru tertarik ketika pertengahan periode, dan itupun karena tiba-tiba saja saya teringat kalau saya punya pengalaman yang 'cukup ajaib' ketika menginap di hostel. Jadi deh, saya coba ubek-ubek blog ini, dan ternyata benar ada 1 tulisan yang belum di posting. Tulisan yang masih draft itulah yang kemudian saya 'copas' ke word dan saya tulis ulang sedikit agar sesuai untuk menjadi naskah buku bukan tulisan di blog. Saat itu saya cuma berpikir gak ada salahnya mencoba, kalau terpilih ya syukur kalau gak ya gak masalah, toh kalau gak terpilih tulisannya berarti tinggal saya posting aja di blog ^^ - nothing to loose lah. 


Tanpa disangka, naskah saya itu lolos seleksi 50 besar, itupun saya baru mengecek di hari kedua pengumuman, lagi dan lagi setelah saya baca twitnya Mas Ari. Saat itu pun saya sudah cukup bersyukur, kalau ternyata tulisan saya bisa lolos masuk 50 besar. Bisa dibilang saya sudah cukup puas untuk itu. Ketika tiba waktunya pengumuman final 18 besar saja lagi dan lagi saya baru ingat kalau hari itu pengumuman setelah membaca twitnya Mas Ari lagi. Heheee.. Karena tidak menyangka kalau saya bisa lolos 18 besar, saya sampai membaca dua kali pengumuman tersebut  dan ternyata memang benar nama saya ada disana. Thanks be to God. Senang banget rasanya. Rasanya baru kemarin saya bertemu dengan Mas Ari di bedah buku 'Travel Love'  bersama Mbak Trinity dan Lalu Abdul Fatah, dan siapa sangka beberapa waktu kemudian, tulisan saya bisa diterbitkan sebuku dengan tulisannya Mas Ari.


Tulisan saya dalam The Ho[s]tel 2 ini adalah kali pertamanya saya mengirimkan tulisan ke penerbit dan kali pertamanya juga tulisan saya diterbitkan menjadi sebuah buku. Bukan hanya itu, ini juga kali pertamanya saya mendapatkan bayaran dari hasil menulis. Sebelum ini saya pernah memenangkan salah satu lomba menulis di website Korea Tourism Organization (KTO), 'My Korean Travel Story" tapi saya hanya memenangkan hadiah ke-3 berupa USB 8GB bergambar lukisan Korea. Tulisan saya saat itu adalah menceritakan tentang itinerary perjalanan saya yang pertama ke Korea. Itu juga saya tidak tau kalau saya menang, saya baru tau setelah tim KTO menghubungi saya via email untuk verifikasi alamat. Saat itu saya benar-benar iseng, bahkan kalau saya baca ulang tulisan saya, saya jadi heran kenapa bisa menang ya. Padahal tenses yang saya gunakan hancur lebur.wkwkwk...Pilihan gambar juga banyak yang tidak fokus dan kabur. Ya, sepertinya saya menang karena faktor kebetulan dan faktor keberuntungan ^^v. Sebenarnya yang membuat saya senang bukannya hadiah ataupun bayaran yang saya terima dari event-event tersebut tetapi lebih pada kepuasan ketika melihat nama saya ada di daftar pemenang, dan khusus untuk The Ho[s]tel 2 itu juga merupakan suatu pencapaian dalam hidup saya. Akhirnya saya bisa benar-benar menjadi seorang 'penulis' .

Penampakan tulisan saya di My Korean Travel Story - kalo mau baca lengkapnya di  http://english.visitkorea.or.kr/enu/tv_boardView.kto?methodView=boardView&search_Save=&upperIdx=405 (kalau mau baca tulisan ini, mohon abaikan semua tenses ya hehehe ^^)

The Ho[s]tel 2  adalah buku kedua dari The Ho[s]tel yang ditulis oleh Mas Ariy dan Mas Sony. Sesuai judulnya, buku ini berisi cerita pengalaman keduanya ketika menginap di hostel dan hotel. Pengalaman-pengalaman mereka ini ada yang berbau mistis, menyebalkan sampai yang bikin ngakak habi-habisan. Nah, kalau dulu The Ho[s]tel isinya cerita dari dua orang penulis, sekarang The Ho[s]tel 2 isinya cerita dari 18 orang penulis plus cerita dari Mas Ariyanto sendiri. Kali ini cover bukunya lebih mantab dari yang pertama, karena lebih menegangkan. Kalau yang pertama seperti buku komik, yang kedua gambarnya seperti novel misteri, berasa ada Sadako, tapi bukan keluar dari sumur, yang ini keluarnya dari lubang kunci. Hehee.. apakah The Ho[s]tel 2 ini isinya full cerita-cerita tentang hotel dan hostel yang ber 'penghuni'  ?! 
Hmm... yang penasaran silakan dibeli dan dibaca saja ya ^^. Yang pasti isinya banyak cerita lucu, gokil dan juga menegangkan. Buat yang lagi mau booking penginapan, sangat disarankan untuk baca bagian tips dan trik di buku ini ya, biar 'moga-moga' bisa terhindar dari pengalaman para penulis The Ho[s]tel 2.
The Ho[s]tel 2 saat ini sudah ada di toko-toko buku, harganya Rp 49.000,- bisa juga dibeli online di www.mizanstore.com


 




4 comments:

  1. Wow! Selamat, Mbak. Pencapaian yang keren! Terus menulis yaaa... ditunggu buku solonya ;)

    ReplyDelete
  2. Love the book. also the ho(s)tel2.

    ReplyDelete