Saturday, May 16, 2015

18hrs layover??!! Siapa takut ...!

Banyak yang berkomentar saat mendengar saya membeli tiket dengan waktu transit 18 jam. Tapi saya berhasil membuktikan kalau transit selama itu tidak jadi masalah kalau kita berada do tempat yang tepat. Yup, tempat yang tepat. Transit 18 jam tidak menjadi masalah besar kalau transitnya di bandara Changi Singapura.

Saya setuju sekali dengan terpilihnya Changi Airport sebagai salah satu bandara untuk transit terbaik di dunia. Bagaimana tidak? Bandara ini menawarkan kenyamanan dan fasilitas yang luar biasa, dijamin gak akan mati gaya deh 18 jam disini, walau tidak keluar imigrasi sekalipun.

Saya sudah berkali-kali ke Singapura, tapi baru kali ini saya menjelajahi bandaranya. Kali ini perjalanan saya memang ingin mencoba travelling dengan budget terbatas, karenanya walau transit saya lewat hari (saya tiba di Changi jam 13.30 fan penerbangan saya ke ICN masih jam 8 pagi keesokan harinya)  saya memilih untuk tinggal di airport, tidak menginap di downtown Singapura.
kika: Movie theatre, free Singapore tour, CDV, kolam koi, tv area, snooze area & whole body massage chair, pc dengan internet akses, kursi pijat by OSIM, tempat duduk, powder room.

Apa saja yang membuat saya betah selama 18 jam di Changi Airport terminal 3?

1. Free Singapore Tour
Semua penumpang yang transit lebih dari 5 jam dapat mengikuti free Singapore Tour dengan total waktu tour 2 jam. 
Booth pendaftarannya ada di terminal 2 dan terminal 3 transit terminal bukan public area jadi jangan keluar imigrasi dulu.
Kebetulan pesawat saya mendarat di terminal 3 dan booth free singapore tour ada di sebelah transit lounge B Lantai 2. Booth ini mudah dicari karena berwarna biru dan tertera tulisan free singapore tour. Petugasnya pun berpakaian biru dengan motif seperti baju Hawai. 
Ada beberapa pilihan city tour tergantung jam penerbangan kita berikutnya dan jam kita registrasi. 
Saya memilih city light tour jam 6 sore. Dengan harapan sekembalinya dari tur, saya masih punya waktu untuk mencari posisi tidur terbaik untuk malam hari nanti.
Setelah register kita akan diinfo jam berapa kita harus melapor di booth free tour.

Setelah melapor kembali di booth 1 jam sebelum tur dimulai, seluruh peserta akan diberi stiker tanda peserta tur. 30min sebelum tir dimulai seluruh peserta dibawa dengan shuttle bus ke terminal 2 untuk bergabung dengan peserta dari terminal 2 , baru kemudian melewati imigrasi. 
Tur dimulai dari bandara changi, melewati east coast express road, cbd, fountain of wealth, dan berhenti selama 15 min di merlion park. Tur yang saya ikuti seharusnya merupakam city light tour tapi berhubung sunset di Singapura baru pada pukul 7.30malam jadinya tur yang saya ikuti bukan city light tapi sun light.. wkwkw
Tour berakhir pada pukul 7.30.

2.Free movies theatre
Aka bioskop gratisan. Sesuai namanya faslitias ini adalah fasilitas nonton bioskop gratis. Bioskop ini tersedia 24 jam dengan tayangan film sesuai jadwal. Bentuk studionya sendiri sama persis dengan studio bioskop, yang beda hanya layarnya yang lebih kecil. Film yang ditayangkan adalah film berbahasa inggris tanpa teks. Heheh.. buat yang gak begitu mengerti bahasa inggris, bioskop ini ya lumayan dijadikan tempat untuk numpang tidur hehee...

3. Changi Dolar Voucher (CDV) program
Ini adalah voucher gratis yang diberikan untuk para penumpang Singapore Airlines, Silk Air yang transit di Changi airport tidak lebih dari 24 jam. Penumpang transit yang berhak mendapatkan voucher ini dibatasi lagi sesuai point of origin masing-masing. Nominal voucher yang diterima sgd 20 - sgd 40 tergantung point of origin masing-masing. 
Saya mendapatkan voucher ini karena saya naik SQ dan waktu transit saya 18jam. Saya mendapatkan 3 buah voucher masing-masing sgd 20 untuk all stores yang bekerja sama, sgd 20 untuk all cosmetic, liquor outlet dan sgd 5 off untuk shila duty free. Yang menarik dari voucher ini adalah untuk voucher sgd 20 all stores bisa digunakan untuk 1 kali akses ke ambassador transit lounge selama 2 jam termasuk menggunakan shower di terminal 2 dan 3. Penyelamat banget nih voucher.. hehhe, berkat dia walau saya gak tidur semalaman saya masih bisa tampak segar ^^. 
Tempat penukaran voucher ini ada di ichangi redemption kiosk yang letaknya dekat gst refund / snooze lounge di terminal 3.

4. Snooze lounge
Sebenarnya tempat ini hampir jadi tempat favorit saya. Tadinya saya sudah suka banget sama tempatnya yang cozy, tempat dudukd seperti layaknya kursi untuk berjemur di pantai, tapi sayangnya begitu dicoba saya mengurungkan niat untuk tidur disana. Kenapa? Karena seluruh tempat duduk, acnya ada tepat di atas kepala kita. Ketimbang saya masuk angin demi bisa tidur enak, saya mending tidur di kursi biasa deh. Bagi yang mau tidur di snooze lounge jangan lupa bawa kupluk ya dan jaket, selimut kalau perlu. Lokasi snooze lounge bisa dicek di buku panduan airport.

5. Powder room
Sesuai namanya ini benar-benar powder room seperti layaknya di salon, lengkap dengan kaca pribadi dan kursi. Di dalamnya juga tersedia ruang ganti.


6. Berbagai taman dan kolam tematik
Setiap terminal changi airport selalu memiliki taman yang digunakan untuk smoking area, ada juga yang indoor tapi bukan smooking area. Di terminal 3 sendiri ada butterfly garden dan kolam koi.

7. Free WiFi di transit area (#WiFI@Changi)
WiFi di transit area Changi Airport adalah salah satu wifi dengan kecepatan yang luar biasa yang pernah saya pakai, tentunya setelah free wifi di Korea hehehe.. cara untuk mengakses free wifi di Changi Airport adalah dengan meminta password wifi di information booth yang tersebar di berbagai sudut di transit area ataupun men-generate sendiri password wifi di pc tertentu bertanda wifi kiosk. 
untuk mendapatkan password wifi di information booth cukup dengan menunjukkan passport dan boarding pass. 
Sebenarnya ada 1 cara lagi untuk mendapatkan password wifi, tapi hanya khusus bagi mereka yang menyalakan roaming  data ataupun memiliki nomor ponsel Singapore.  Cara ini cukup mudah, cukup mengisi nomor hp di website yang otomatis tersambung saat kita connect ke WiFi@Changi. Nantinya sms berisi password akan dikirimkan ke nomor yang kita daftarkan.
Bukti kalau kecepatan #WiFi@Changi luar biasa adalah saya bisa melakukan video call via LINE selama 2 jam non stop tanpa terputus sama sekali. Amazing!
Bagaimana kalau jatah free WiFi nya habis ( kalau saya tidak salah ingat akses free WiFi berlaku selama 8 jam) ? Jangan khawatir ada banyak PC dengan koneksi internet gratis yang tersebar hampir di setiap sudut semua transit terminal di Changi Airport. 
Jadi, buat para fakir WiFi, jangan takut mati gaya di sini. 
( http://www.changiairport.com/at-changi/internet-and-business-services/internet-access )

8. Free Charging outlets 
Free charging outlets di Changi ini hampir tersedia di semua tempat yang ada kursinya ^^. Beda dengan airport di Indonesia, tempat charging di Changi lebih nyaman, karena selalu ada tempat duduk didekatnya layaknya charging outlet di cafe-cafe. Jadi, gak usah repot-repot memantau gadget yang lagi di charge dari kejauhan, dan bisa nge-charge gadget sambil menggunakan gadget tersebut. Satu hal yang perlu diingat, colokan di Changi adalah colokan seperti di Singapura pada umumnya, yaitu colokan kaki 3 dengan kaki berbentuk kotak, jadi jangan lupa untuk bawa universal adaptor kalau mau transit lama di Changi Airport. 

9. Kursi Pijat
Ya, kursi pijat "OSIM" di terminal transit Changi airport ini semuanya gratis.  Kursi pijat ini ada dimana-mana, sebagian besar adalah kursi pijat untuk kaki, dan di beberapa tempat ada yang untuk whole body massage juga, kalau yang ini lebih mantap, di dekatnya ada meja kecil lengkap dengan charging outlet, jadi bisa mainan gadget sambil dipijat ^^.



Sebenarnya masih ada banyak fasilitas di Changi Airport yang memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk mereka yang transit di Changi Airport. Dari kesekian banyak,  9 fasilitas di atas yang paling saya sukai dan sudah saya coba sendiri. Fasilitas lainnya yang belum saya coba karena beberapa diantaranya terletak di public area bukan di transit area, diantaranya kolam renang (berbayar), slide di terminal 3, Changi Aviation gallery, selengkapnya bisa dilihat di website Changi Airport ( http://www.changiairport.com/at-changi/entertainment-lifestyle ).
untuk posting ini saya hanya bisa upload foto di atas, karena di hari pertama perjalanan saya di Korea, seluruh file foto di folder camera hp saya hilang :( 


My wish : 
semoga bisa segera posting mengenai perjalanan singkat saya ke Korea berburu cherry blossoms.

No comments:

Post a Comment