Saturday, December 26, 2015

15 + 15 FREE Things to do in Seoul (Part 2)

Hampir seluruh foto diambil dari website KTO www.visitkorea.or.kr kecuali untuk foto paling atas kanan (Jeonju Bus) diambil dari website http://shuttle.dongbotravel.com/en/index.php ; Foto paling bawah kiri (screenshot) diambil dari website www.visitseoul.net ; foto paling atas tengah dari website www.cgcm.co.kr; dan foto KBS adalah milik saya sendiri.

15 Free things to do in Seoul (My Bucket List)


Bagian kedua dari 15+15 hal gratis yang dapat dilakukan di Seoul ini terdiri dari 15 hal gratis yang ingin saya lakukan di Seoul. Berikut listnya (list dari pojok kiri atas gambar):


1. Seoul Museum of History.

Sesuai namanya, di museum ini kita akan disuguhkan dengan berbagai relic peninggalan jaman lampau, cerita tentang Seoul di jaman dulu sampai Seoul jaman modern. 
Terletak dekat dengan Gyeonghuigung. Kalau ke sini bisa digabungkan dengan kunjungan ke Gyeonghuigung. 
Detail tentang museum ini dan cara aksesnya dapat di akses di:


2. Gyeonghuigung.

Istana Gyeonghui ini adalah satu-satunya istana yang bebas biaya masuk di Seoul. Terletak dekat dengan Seoul Museum Of History dan tidak jauh dari Doldamgil dan Deoksugung. 
Istana ini dulunya digunakan sebagai secondary palace untuk raja di jaman dinasti Joseon saat kondisi emergency. 
Detail tentang istana ini dan cara aksesnya dapat di akses di:
http://english.visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=264308 



3. Jeonju Free Shuttle Bus.

untuk free shuttle bus tahun 2015 ini akan berakhir sampai 27 Des 2015, harapannya semoga tahun depan ada lagi ya, dan saya bisa mencobanya.. hehehe..
Free shuttle bus dari Seoul ke Jeonju dan sebaliknya ini hanya diperuntunkan untuk turis. Diperlukan reservasi terlebih dahulu untuk dapat menaiki free shuttle bus ini di website mereka.
Berikut informasi selengkapnya: http://shuttle.dongbotravel.com/en/
 

4. KBS On (KBS Exhibition Hall).

November 2015 yang lalu saya sempat mengunjungi gedung KBS di Yeouido, dan sempat melihat pintu masuk KBS On ini, tapi karena keterbatasan waktu saya belum sempat mengunjunginya, semoga di kunjungan berikutnya saya ke Seoul saya bisa ke sini. 
KBS on - exhibition hall ini adalah museum yang didedikasikan untuk sejarah dan evolusi industri penyiaran dan pertelevisian di Korea. Saat ini di dalamnya telah dilengkapi dengan hologram corner, 3D TV experience corner, dan character photo zone. 
Kunjungan ke sini bisa digabung dengan kunjungan ke Yeouido Park, Yeouido Hangang Park, IFC Mall, atau National Assembly Building of Korea. 
Detail selengkapnya dapat di baca di: 

5. The National Museum of Korea.

Sudah berkali-kali saya memasukkan museum ini dalam itinerary saya, tapi sayang sekali selalu gagal untuk dikunjungi. 
Ada 3 alasan yang membuat saya ingin mengunjungi museum ini:
- Museum ini adalah museum terbesar di Korea dan dengan koleksi terlengkap dari jaman lampau sampai jaman modern. 
- Museum ini pernah dipakai untuk lokasi syuting Running Man.
- Dari Museum ini kita bisa mengambil foto pemandangan N-Seoul Tower dengan jelas.

Detail selengkapnya dapat di baca di:


6. Samsung D'light.

Anda pengguna gadget Samsung? dipastikan anda pasti ingin mengunjungi tempat ini seperti saya. Di Samsung D'light ini kita bisa melihat seluruh produk Samsung. Nama D'light sendiri diambil dari visi perusahaan untuk menjadi 'a guiding light to the Digital World' . D sendiri juga berarti Dynamic, Dream dan Diversity. 
Detail selengkapnya dapat di baca di:

7. Bukchon Hanok Village.

Bukhon Hanok Village ini adalah komplek rumah-rumah tradisional (Hanok) yang terletak di pusat kota Seoul. Tempat ini sampai saat ini masih ditempati sebagai rumah tinggal, cafe, museum dan tempat penginapan hanok. Ada 8 spot yang wajib dikunjungi di Bukchon Hanok Village. Kedelapannya punya keunikan tersendiri dan merupakan photo spot -tempat wajib foto hehehe. Klik di sini untuk listnya.
Saya sendiri belum kesampaian untuk menelusuri 8 spot ini. Bulan April 2015 kemarin, saya hanya berhasil mengunjungi spot no.1 palace view, itupun tidak sengaja ditemukan.
Saran saya, kalau mau mengunjungi Bukchon Hanok Village sebaiknya mendaftar di Seoul Free Walking Tour untuk rute Bukchon Hanok Village, biar kunjungannya lebih efektif, gak pake nyasar -mengingat kawasan Bukchon Hanok Village ini cukup luas, ada guide pula.  Free walking tour akan dibahas di point berikutnya. 
Berikut detail untuk untuk Bukchon Hanok Village: 

8. The War Memorial of Korea.

Tempat ini adalah tempat memorial perang terbesar di dunia. Di dalamnya terdapat 8 exhibition utama. Di tempat ini, pengunjung dapat mempelajari tentang sejarang perang Korea.
Selengkapnya dapat di baca di sini:

9. Seoul Olympic Park.

Tempat ini dulunya adalah venue Olimpiade Seoul tahun 1988. Saat ini tempat ini dipakai sebagai taman untuk rekreasi warga lokal dan juga terdapat Baekje museum di dalamnya. 
Tempat ini juga merupakan tempat favorit untuk menikmati pemandangan bunga-bunga di musim semi. 
Berikut detailnya:

10. Children Grand Park

Hampir sama dengan Seoul Olympic Park, Children Grand Park ini juga sering dikunjungi warga untuk menikmati pemandangan di musim semi dan musim gugur. Sesuai namanya, tempat ini cocok untuk tempat rekreasi keluarga, dimana didalamnya terdapat taman bermain, taman, kebun binatang dan juga hiking trail. 
Detail dapat dibaca di:

11. Bongeunsa Temple.

Bongeunsa Temple ini juga berkali-kali ada di list itinerary saya, tapi gak pernah kesampaian untuk ke sana. Kuil ini letaknya di Gangnam tepatnya di dekat Coex Mall, jadi kunjungan ke sini bisa digabung dengan kunjungan ke Coex Mall. 
Temple ini juga merupakan salah satu temple yang menawarkan program temple stay. 
Berikut detailnya:

12. Banpo Bridge Moonlight Rainbow Fountain.

Walau banyak yang bilang atraksi ini overrated, saya tetap memasukkannya dalam bucket list saya. Kenapa? karena buat saya gak ada salahnya untuk dilihat, toh atraksi ini adalah yang terpanjang di dunia.  Atraksi ini adalah atraksi  air mancur (disertai tata cahaya dan musik) yang terdapat di sepanjang jembatan Banpo dan merupakan bridge fountain terpanjang di dunia. Atraksi ini hanya ada di bulan April sampai Oktober dan berlangsung kurang lebih 20 menit. Berhubung selama ini ke Seoul selalu di musim gugur dan dingin, jadi belum ada kesempatan melihat ini. Di kunjungan bulan April 2015 kemarin juga tidak sempat ke sana, karena waktu kunjungan yang cuma 3 hari dan saya terlalu excited dengan cherry blossoms ahahah. 
Detail:

13. Seoul Free Walking Tour.

Seoul Free Walking Tour ini sangat menarik untuk di coba karena selain gratis, kita juga akan mengetahui lebih dalam tentang tempat-tempat historikal di Seoul, tidak hanya itu, di beberapa jalur walking tour kita juga disuguhkan tempat-tempat yang jarang diketahui oleh turis. 
Untuk dapat menikmati fasilitas ini, kita harus reservasi terlebih dahulu di website visitseoul

 

14. Kyunghee University. 

Kyunghee University ini adalah salah satu dari sekian banyak universitas di Seoul yang punya kawasan yang indahnya minta ampun, baik dari segi bangunan maupun tamannya. 
Saya sendiri ingin mengunjungi Kyunghee University di musim semi, karena pemandangan cherry blossoms di universitas ini kereeeeeeen banget. Bukan cuma sekedar ingin mengunjungi, saya juga berharap suatu hari nanti saya bisa mengambil Korean Language Program di universitas ini. 
Berikut detail untuk Kyunghee University:

 

15. Yonsei University. 

Tidak kalah dengan Kyunghee University, Yonsei University juga menawarkan pemandangan yang menarik. Universitas ini adalah salah satu universitas yang terkenal dengan program Korean Language - nya. Universitas ini terletak tidak jauh dari Ewha Woman University. 
Detail:


Seluruh informasi terkait tiap tempat sebagian besar diterjemahkan dari website www.visitkorea.or.kr. Untuk listnya sendiri merupakan list yang saya pilih sendiri. 

Klik disini untuk part 1




No comments:

Post a Comment