Saturday, January 20, 2018

Tips: Penang - Medical Tourism

Berobat ke Penang (Tips and Things to Know) 


Selamat Tahun Baru 2018!
Sudah lama rasanya saya tidak posting sesuatu di blog ini dikarenakan berbagai macam kendala yang saya hadapi setahun ini.
Postingan pertama saya adalah mengenai wisata medis di negara tetangga kita, Malaysia.
Street art in Penang 


Sudah menjadi rahasia umum, banyak sekali orang-orang Indonesia yang mengunjungi Malaysia untuk berobat. Dua kota yang menjadi favorit adalah Malaka dan Penang. Yang akan saya bahas kali ini adalah Penang.


Di bulan Januari 2018 ini, saya bersama keluarga mengunjungi Penang untuk berobat. Saya sendiri tidak pernah menyangka kalau saya akan kembali lagi ke Malaysia dalam rangka wisata medis. Kunjungan ke Penang ini juga merupakan destinasi pertama yang saya kunjungi di tahun 2018 ini.

Sebelum keberangkatan ke Penang, saya melakukan survey mengenai rumah sakit dan dokter yang ingin kami tuju dengan membaca review dan blog orang-orang yang pernah berobat ke sana. Akhirnya, setelah googling dan bertanya sana sini, keputusan jatuh kepada Island hospital.

Di postingan kali ini, saya tidak akan banyak membahas mengenai panduan berobat di Penang karena saya rasa sudah cukup banyak blog yang membahas soal itu. Yang akan saya bahas di sini adalah bagaimana cara berobat ke Penang tanpa menggunakan jasa agen / perwakilan RS di Indonesia serta hal-hal lain yang tidak saya temukan di blog yang pernah saya baca.


Berikut ulasannya:

Persiapan

 

Apabila kunjungan kalian ke Penang sama seperti saya yaitu untuk berobat, sangat disarankan untuk mencari tau terlebih dahulu rumah sakit mana dan dokter siapa yang akan dituju. Caranya?
  1. Googling dan rajin-rajinlah baca blog orang-orang yang pernah berobat ke sana.
  2. Kalau sudah menemukan beberapa pilihan, email lah ke customer service rumah sakit boleh dalam bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia. Di email ini kita dapat meminta rekomendasi pihak RS untuk dokter yang tepat untuk penyakit kita tentunya dengan memberikan penjelasan singkat mengenai kondisi / gejala / penyakit yang diderita. Selain itu kita juga dapat meminta informasi estimasi biaya berapa hari waktu yang diperlukan untuk treatment di sana.
    Dari pengalaman saya kemarin, kami mencari dokter gastro dan RS yang saya email ada 2, Adventist Penang Hospital dan Island Hospital. Keduanya menjawab email saya di hari yang sama dan memberikan informasi yang saya minta: rekomendasi dokter lengkap dengan contactnya, prosedur registrasi untuk konsultasi, dan perkiraan biaya.
  3. Kalau telah menemukan RS dan dokter yang dipilih, selalu hubungi mereka baik via email maupun nomor toll-free RS untuk memastikan apakah dokter tersebut ada di tempat dan available untuk konsultasi di hari yang kita pilih. Alamat email dan nomor telepon RS dapat di cek di website resmi tiap RS.
    Saya kemarin email mereka dengan bahasa Inggris dan telp ke toll-free bahasa Indonesia. (toll free disini berarti bebas biaya tapi harus menelpon dengan telepon rumah / landline).
  4. Apabila sudah memiliki tanggal pasti, tanyakan juga ke pihak RS apakah ada fasilitas penjemputan gratis di bandara dan bagaimana cara mem-bookingnya. Hampir semua RS punya fasilitas ini tapi dengan syarat dan ketentuannya masing-masing.
    Kalau di Island Hospital kemarin, untuk booking kita bisa email ke mktgcustsvc@islandhospital.com atau whatsapp ke +60134030110. Selanjutnya akan dipandu oleh mereka untuk tata cara penjemputannya. Meeting point adalah di MHTC booth – setelah keluar dari pintu kedatangan (Setelah melewati pemeriksaan cukai), akan booth berwarna merah ini akan langsung terlihat di sebelah kiri. Nanti akan ada staf RS yang memegang papan bertuliskan nama RS. Kita tinggal memberitahukan mereka nama dan nomor pasport kita. Hanya nama yang terdaftar yang diterima.
    Berikut syarat dan ketentuan penjemputan gratis dari Island Hospital.
Berobat ke island hospital


Penerbangan


Saat ini penerbangan langsung dari Jakarta dan Surabaya ke Penang hanya dilayani oleh Airasia. Penerbangan lainnya harus transit via Kuala Lumpur / Singapura (tergantung menggunakan maskapai apa). Mengenai harga tiket, penerbangan langsung tidak selalu lebih murah dari yang transit walau itu full board airlines sekalipun. Dari pengalaman saya kemarin, tiket AA saya jatuhnya jadi seharga tiket promo Singapore Airlines (SQ) rute CGK-SIN-PEN (transit di SIN) dengan fasilitas dan kenyamanan yang tentu saja jauh berbeda x_x.

Kelebihan penerbangan langsung AA adalah tidak buang waktu di perjalanan dan dapat tiba di Penang pagi hari.

Kekurangan penerbangan langsung AA:
  1. tidak semua rute memiliki pilihan jam penerbangan lebih dari 1, seperti Surabaya hanya ada 1 flight vv di hari tertentu.
  2. AA adalah pesawat budget dimana harga tiket belum termasuk bagasi, makanan, tidak ada hiburan dalam pesawat dan untuk prebook seat juga ada harganya masing-masing, padahal penerbangan ke Penang dari Jakarta +/- 2,5 jam dan dari Surabaya +/- 3jam.
  3. Tipe pesawat AA walaupun Airbus tapi bukan pesawat berbadan lebar. Susunan tempat duduknya adalah tiga – tiga.
  4. Kalau memutuskan untuk tidak membeli bagasi, perlu dicatat kalau koper yang dibawa ke cabin akan ditimbang terlebih dahulu di Juanda airport sebelum boarding. (untuk Jakarta, pengalaman saya kemarin tidak ditimbang, begitu juga di Penang juga tidak ditimbang). Berat tentengan yang dapat dibawa ke cabin adalah max 7kg.
  5. Dari pengalaman beberapa kali naik AA (rute lain), AA punya hobi me-reschedule jam penerbagan – semoga saja hal ini tidak terjadi untuk rute Penang, mengingat kasian kan kalau orang yang mau berobat di php-in.

Saran saya kalau ingin terbang dengan AA ke Penang – terutama untuk berobat:

  1. Pre-book makanan saat booking karena harganya akan lebih murah pre-book daripada beli di pesawat. Pilihan makanan saat di pesawat juga terbatas. Pengalaman saya pp naik AA kemarin tidak semua makanan yang ada di buku menu mereka tersedia saat itu. Kemarin di rute CGK-PEN hanya ada nasi padang dan nasi goreng. Di rute PEN-CGK hanya ada nasi kuning dan karena turbulence penumpang diminta menunggu 15 menit untuk setiap makanan yang di order. Bedanya dengan pre-book meal, selain harga lebih murah, makanan juga disajikan pertama kali dibanding penumpang lainnya dan sudah pasti tersedia.
  2. Pre-book bagasi kalau kalian mau bawa barang banyak. Pengalaman saya kemarin, semua eskalator di bandara international Penang tidak berfungsi, alhasil kami semua harus mengangkat koper menuruni tangga. Memang tersedia lift, tapi mengantri karena akan banyak sekali penumpang yang menggunakan kursi roda di penerbangan dari/menuju Penang.
  3. Pre-book seat terlebih dahulu kalau tidak mau duduk terpisah dengan keluarga. Saya kemarin melakukan pre-book seat karena saya ingin tempat duduk di sayap pesawat / paling tidak 1 kursi di depan / belakang emergency exit window. Alasan kenapa saya ingin duduk di posisi tersebut adalah karena saya punya ' turbulence phobia' dan saya pernah baca kalau kursi di atas sayap pesawat cenderung lebih stabil (turbulence tidak begitu terasa) ketimbang di belakang / di depan.
  4. Siap-siap bawa jaket / syal kalau tidak tahan dingin. AA adalah maskapai budget, mereka tidak menyediakan selimut di pesawat. Selimut dijual di AA. Mereka menyebutnya comfort kit. Harga comfort kit ini kalau pre-book online juga jauh lebih murah dari beli di pesawat. Perbandingannya 145rb vs 185rb.


Penginapan


Saya kemarin tinggal di YMCA Penang. Lokasinya tepat berada di samping seberang Island hospital. Saya akan bahas review saya untuk hotel ini di postingan terpisah.


Tips

Tips-tips lainnya yang dapat saya bagikan berdasarkan pengalaman saya:
  1. Datang pagi-pagi ke RS untuk mengambil nomor pendaftaran karena sistem mereka adalah yang datang duluan yang dilayani pertama.
  2. Seluruh petugas dapat berbahasa Indonesia / Melayu dan Inggris. Beberapa dapat berbahasa Mandarin dan Hokkian. Jadi bahasa tidak akan menjadi kendala.
  3. Untuk Island hospital, di sekitar RS tidak ada convenience store ataupun tempat makan. Satu-satunya pilihan adalah cafetaria dalam RS. Di RS ada cafetaria (halal tapi rasa makanannya menurut saya tidak menarik sama sekali – masih mending sarapan di warteg Jakarta – I'm sorry to say this but I was really really disapointed with the taste of the food there – harga mulai RM 7 – cafetaria ini sistemnya seperti buffet jadi kita tinggal tunjuk apa saja yang kita mau – mereka juga ada pilihan nasi goreng, kwetiaw, dll – ada dispenser air putih gratis di cafetaria, dan juga ada pilihan minuman lainnya yang bisa dibeli di sana). Jadi, saran saya buat yang susah makan, mending bungkus makanan sebelum ke RS deh atau paling gak bawa roti.
    Selain cafetaria, di RS ini juga ada toko roti di dekat ruang periksa dr spesialis – kalau ini rasanya lumayan dengan harga mulai dari RM 2 – di toko roti ini juga jual nasi lemak bungkusan dengan ukuran seperti nasi jinggo. Di sisi lainnya, di dekat tempat registrasi pasien baru juga ada cafe semacam Excelso / Starbucks tapi beda brand ya. Vending machine minuman panas, dingin dan snack juga tersedia di lantai 1 rumah sakit.
  4. Siapkan uang kecil pecahan RM 1, dan logam RM 50 sen, 20 sen, 10 sen kalau mau membeli makanan atau minuman di vending machine. Harga air mineral adalah mulai dari RM 1,40. Sementara minuman hangat mulai dari RM 0,80.
  5. Bawa tas lipat / tote bag kecil kalau tidak mau di charge 20 sen setiap belanja di convenience store dan supermarket. Dari hasil saya googling cari informasi – herannya tidak ada 1 blog pun yang membahas ini, sepertinya orang kita memang tidak masalah dengan kantong plastik berbayar.
  6. Untuk transportasi dari bandara apabila tidak menggunakan jasa penjemputan dari RS, pilihannya adalah menggunakan taksi, bus rapid Penang atau grab. Saya kemarin mencoba menggunakan bus rapid Penang – pilihan ini tidak disarankan dipakai buat mereka yang membawa pasien – soalnya ribet banget dan takes time. Dari segi harga sih jelas lebih murah bus, tarif dari bandara ke Komtar hanya RM 2,70 tapi dengan waktu tempuh yang lebih lama sekitar 1,5 jam karena bus berhenti di tiap bus stop. Yang ribet dari bus di sini adalah informasi kedatangan bus di website resmi rapid penang tidaklah valid – karena pengalaman saya kemarin memang benar bus tersebut akan segera tiba di bus stop, tapi ternyata rute bus tersebut adalah rute ke sisi lain pulau. Jadi, saya menunggu bus 401E yang seharusnya dapat membawa saya ke Komtar. Setelah bus datang, driver menginfokan kalau bus ini ke arah balik pulau jadi bukan ke arah downtown. Jadilah kami harus menunggu bus berikutnya lagi. Hal yang ribet lainnya lagi adalah untuk beberapa rute, misalnya untuk YMCA Penang / Island hospital kita harus ganti bus di Komtar. Yang berarti harus menunggu lagi.
    Untuk grab tarifnya sekitar RM 20, hanya saja kalau menggunakan grab disarankan mengaktifkan roaming international atau membeli sim card lokal dengan paket data. Driver grab di Penang jauh lebih bagus servisnya ketimbang di Jakarta / Surabaya. Mereka selalu menggunakan map saat pengantaran dan sama sekali tidak mengajak berbicara kalau kita tidak bertanya (gak ada deh driver grab yang cerewet / 'kepo'). Kalau menggunakan taksi, taksi di Penang tidak menggunakan argo, jadi harus tawar- menawar dengan supirnya. Biasanya dari bandara ke daerah Komtar tarifnya sekitar RM 50 dan drivernya super cerewet aka. Kepo. 
    Rute bus rapid Penang dapat dilihat disin
  7. Khusus untuk Island Hospital, jangan mengharapkan untuk tukar uang di money changer di RS ini. Saya punya pengalaman buruk dengan ini. Ketika saya email mereka menanyakan apakah ada money changer di RS mereka. Mereka bilang ada. Ketika saya cari tidak ada sama sekali counter khusus money changer di sana. Money changer yang mereka maksudkan di sini adalah 1 orang yang bertindak sebagai money changer yang keberadaannya pun tidak selalu availble di RS. Saya mencari money changer ini sekitar pukul 9.30 pagi dan setelah bertanya-tanya info dari orang RS, orang tersebut baru akan datang sekitar jam 10 pagi dan biasaya dia akan duduk di depan counter pendaftaran pasien baru atau di ruangan di balik counter tersebut. Nah setelah jam 10 saya kembali ke sana orang ini tidak juga muncul. Dia baru muncul sekitar jam setengah 11 dan anda tau, saya diminta masuk ke ruangan kaca dibelakang counter dan duduk hadap-hadapan dengan orang itu sambil bertransaksi. Jangan pernah berharap kalau akan ada daftar harga jual/beli seperti di counter money changer resmi di sini. Sistemnya adalah kita info dia mau beli berapa ringgit dan dia akan memberikan kursnya. Kurs yang diberikan dia adalah jauh lebih mahal daripada money changer di luar ataupun di Jakarta & Surabaya. Kurs saat saya membeli MYR di Jakarta – Rp 3370, orang tua saya beli MYR di Surabaya Rp 3385. Kurs orang tersebut adalah Rp 3450. what???!
    Satu hal lagi yang menyeramkan adalah selama transaksi orang tersebut merekam gerak gerik saya dengan hpnya - buat apa coba?! 
    Saya tidak dapat membayangkan apa yang terjadi kalau misalkan ada pasien yang berobat dengan membawa rupiah dengan harapan dapat menukarkan duitnya di money changer di RS tapi ternyata money changer itu tidak ada di tempat.
    Money changer terdekat dari RS ini menurut pantauan saya adalah di Komtar.
  8. Untuk keliling Penang transportasi termudah adalah menggunakan grab dengan tarif sekitar RM 5 – 8 tergantung kemana kalian pergi. Cara kedua adalah menggunakan bus Rapid Penang. Khusus untuk yang tinggal di sekitar Island hospital, satu-satunya bus rapid penang yang berhenti di bus stop dekat YMCA adalah bus no.10. Bus stop terdekat lainnya adalah di dekat RS Loh Guan Lye – sekitar 8-10 min jalan kaki dari YMCA. Yang perlu diperhatikan kalau naik bus di Penang adalah siapkan uang pas karena driver bus tidak akan memberikan kembalian. Siapkan uang kecil RM 1 dan uang logam. Selain itu di bus rapid penang juga tidak ada petunjuk nama pemberhentian busnya x_x Untung saja kemarin saya mengaktifkan paket roaming jadi saya dapat memantau bus telah melewati lokasi mana saja lewat Google map / waze.
    Keliling penang dengan bus
    Rapid Penang Bus Information untuk tempat-tempat wisata favorit

    Pembayaran bus rapid penang adalah saat kita naik bus dan untuk berhenti kita tinggal memencet bel sebelum pemberhentian kita.
  9. Buat yang mau keliling Penang setelah selesai berobat, kalau hanya punya waktu sedikit seperti saya, cara termudah adalah ke Komtar dan naik CAT bus. CAT bus ini adalah bus gratis yang rute-nya mengitari central area di Penang – di central area ini kita akan melewati banyak tempat-tempat cagar budaya seperti berbagai kuil, masjid Kapitan Keling, Clan Jetty, dll termasuk didalamnya lebuh Armenian dan lebuh Chulia tempat dimana street art Penang berada. 
  10. Kalau ingin berkeliling sambil jalan kaki untuk hunting street art lakukanlah sebelum jam 6 sore karena setelah itu lokasi ini sepi dan toko-toko juga sudah pada tutup.
  11. Buat yang tidak menyukai makanan pedas, terlalu berbumbu, seafood seperti saya, Penang sepertinya bukanlah tempat yang cocok untuk anda berwisata kuliner. Masakan terkenal di Penang adalah Asam Laksa, Kwetiaw, Nasi Lemak, Nasi Kandar. 
  12. Kalau datang kepagian di Penang International Airport, puas-puasinlah makan selama di public area terminal keberangkatan airport ini,  karena kalau sudah masuk ke ruang tunggu tidak ada lagi restaurant. Bandara ini tidak begitu luas. Di boarding gate area hanya ada toko oleh-oleh, duty free dengan pilihan brand yang cukup terbatas, toko roti, cafe, money changer by cimb, sembonia. Sementara di public area pilihan restaurantnya hanya McD, KFC, Secret Recipe, Penang Kopitiam, dan Noodles. 
  13. Datang lebih awal ke airport Penang kalau kalian naik AA karena antrian document check counter dan check in bandara ini bisa panjangnya minta ampun di jam-jam sibuk. Kemarin saya ketemu penumpang yang batal memasukan kopernya ke bagasi karena antrian baggage drop counter yang luar biasa panjang, padahal dia udah pre-book bagasi loh. 
Bus Rapid Penang -rute AT (screenshot from www.rapidpg.com.my) 

Tempat yang saya kunjungi selama di Penang: 
1. KOMTAR 
2. 1st Avenue Mall -KOMTAR
3. Gurney Plaza
4. Wat Chayamangkalaram
5. Goddess of Mercy Temple
6. Clan Jetty
7. Church of The Assumption 
8. Kawasan sekitar Lebuh Chulia.
9. Kawasan sekitar Lebuh Armenian 
10. Island Hospital 

Klik di sini untuk membaca review saya tentang YMCA Penang.

Foto-foto saya selama trip di Penang dapat di akses disini (available soon). 

1 comment:

  1. Ulasan nya sangat baik....terimakasih atas informasinya, ini sangat membantu untuk orang yang ingin berobat pertamakalinya ke Island Hospital Penang. Gbu...

    ReplyDelete