Monday, January 29, 2018

Step by step: Guide to Ski Resorts

 
Layout dari Alpensia Ski Resort di Pyeongchang
Saat ini, Ski Resorts di seluruh Korea Selatan mulai mempersiapkan diri untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin PyeongChang yang akan berlangsung beberapa hari lagi. Nah, buat yang belum pernah mengunjungi ski resorts, panduan berikut ini akan bermanfaat buat kalian. Setelah membaca ini, dijamin kalian siap untuk bertualang! ^^ 

For English language reader please go direct to the original article on this link



Bagi para pemula

Step 1. Lift dan Perlengkapan

Lift di ski resort
Perlengkapan ski (kiri) dan pose ski (kanan)

Sebelum bermain ski ada baiknya kita kenalan dulu dengan perlengkapan, kostum dan lift yang nantinya akan kita gunakan. Jangan khawatir kalau tidak punya perlengkapan ski, karena setiap ski resort pasti memiliki tempat penyewaan perlengkapan dan kostum ski. Perlengkapan ski yang kita perlukan adalah papan ski, sepatu boot ski dan tongkat ski. Ada aturan tersendiri dalam memilih perlengkapan ini. Buat kita yang pemula, kita harus memilih papan ski yang sama panjangnya atau 10 cm lebih pendek dari tinggi kita. Sepatu boot ski akan terhubung langsung dengan papan ski dan harus pas dengan ukuran kaki kita, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar. Tongkat ski ini gunanya untuk menjaga keseimbangan dan juga untuk melepaskan sepatu boot dari papan ski. Tongkat ski harus setinggi pusar pemakainya. 

Bagaimana dengan lift? Setiap ski resort pasti dilengkapi dengan lift yang akan membawa kita ke tempat ski slope. Jangan membayangkan kalau liftnya bakal seperti lift di gedung. Lift yang dimaksud di sini adalah lift seperti kereta gantung tapi hanya berupa kursi gantung dengan pegangan pengaman.
Lift ini pada umumnya beroperasi 4 kali sehari, pagi, sore, malam dan tengah malam. Jadi, pastikan kalian membeli lift pass yang sesuai dengan waktu bermain ski yang kalian inginkan.

Step 2. Posisi dasar ski

Posisi ski yang benar

Posisi A (kiri)

 

Sebelum menuju ke lintasan ski, para pemula sangat disarankan untuk berlatih posisi dasar terlebih dahulu di area latihan. Buat yang tidak dapat belajar sendiri, para pemula dapat menggunakan jasa pelatih / mengambil kelas ski. Biasanya kelas ski untuk pemula ditawarkan sepaket dengan akomodasi / lift pass / rental perlengkapan ski. Latihan akan dimulai dengan pengenalan pose dasar ski.

Setelah kita terbiasa dengan pose dasar ski, posisi berikutnya yang akan dilatih adalah posisi A. Disebut posisi A, karena di posisi ini, bagian depan kedua papan ski akan diarahkan ke tengah, membentuk seperti huruf A. Posisi A ini digunakan untuk mengatur kecepatan. Setelah menguasai posisi-posisi tersebut, hal terakhir yang akan dipelajari adalah bagaimana cara jatuh yang paling aman.Ini penting! karena sebagai pemula kita sudah dipastikan akan jatuh bangun berkali-kali ^^

Step 3. Menaiki lift dan bermain ski

Lift / Kereta Gantung

Lift (kiri) , Pemain ski (Kanan)

Setelah berlatih posisi dasar dan pose, sekarang saatnya untuk menaiki lift ke bagian atas lintasan ski. Selalu ikuti petunjuk dari petugas untuk keamanan kita sendiri selama menaiki lift. Pastikan semua perlengkapan ditempatkan dengan aman dalam lift supaya tidak terjatuh, terutama aksesoris yang mudah lepas seperti sarung tangan, topi kupluk, syal, penutup telinga ataupun tongkat ski. Ketika sudah tiba di puncak lintasan, kembali ikuti petunjuk dari petugas, angkat palang pengaman dan segera meninggalkan area lift. Nah, sekarang tiba saatnya kita untuk bermain ski. Jangan lupa untuk melatih lagi pose ski yang benar dan cara jatuh yang aman, berikutnya tarik napas dalam-dalam dan selamat bermain ski!


Jangan sampai dilewatkan!

Makanan wajib di ski resort


Signature snacks: Eomuk tang dan Chi-maek

 

Makanan yang paling popular di ski resort adalah makanan dengan kaldu hangat dan murah seperti eomuk tang (sup fish cake) atau ramyeon. Kalau mau yang lebih berat, kita dapat memesan chi-maek (chicken maekju – ayam goreng dan beer).


Akomodasi

Alpensia Resort

Konjiam resort dan Deogyusan resort

Buat yang mau puas-puasin bermain ski atau cuma mau puas-puasin bermain salju, kalian dapat menginap di ski resort. Biasanya ski resort memberikan discount untuk lift pass bagi mereka yang menginap di ski resort mereka. TIpe kamar yang ditawarkan pun beraneka ragam, mulai dari kamar dengan gaya hotel sampai kondominium.


Bonus


Yongpyong resort observatory

Sledding hill dan water park

 

Kebanyakan ski resort tidak hanya menawarkan fasilitas ski slope / lintasan ski. Banyak diantaranya juga memiliki fasilitas tambahan seperti sledding hill (bukit seluncuran), water park, ataupun observation deck. Setiap resort memiliki fasilitas yang berbeda-beda, jadi pastikan untuk mencari tau terlebih dahulu mengenai fasilitas yang ada sebelum memilih resort yang akan kalian tuju.


More info:

<Korea’s major ski resorts>
*) Tanggal dimulainya dan berakhirnya musim ski akan berbeda tiap tahunnya dan berbeda di tiap-tiap resort, pastikan untuk cek informasi di website resmi resort sebelum berkunjung. 


*) Postingan ini merupakan terjemahan dengan penyesuaian seperlunya dari artikel dengan judul yang sama oleh Korea Tourism Organization yang di publish di website resmi mereka. Klik link berikut ini untuk melihat artikel asli dalam bahasa Inggris:
http://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/SI_EN_3_6.jsp?cid=2471943
 
*) this article is translated with some changes from the article with the same title in English by Korea Tourism Organization on their official website, check this link for the original article: http://english.visitkorea.or.kr/enu/ATR/SI_EN_3_6.jsp?cid=2471943

Semua foto diambil dari artikel asli di website resmi Korea Tourism Organization. 

All photos are taken from the original article published by Korea Tourism Organization on their official website (please refer to the above link). 

Related article:

 

No comments:

Post a Comment