Friday, November 27, 2015

Day 4 - Bye, my second hometown...

Visit Korea VIP Members Invitation Tour (4)

It's really hard to say good bye to you, my second hometown ... *cry*

Sedih banget rasanya saat harus check out dari hotel dan menuju ke itinerary terakhir kami di Korea. Hiks hiks apalagi kalau mengingat betapa susahnya perjuangan untuk dapat visa kemarin, tapi di Koreanya gak sampai seminggu. Pengen rasanya extend seminggu lagi, tapi apalah daya, karena tiket udah di beli jadinya mau gak mau harus siap mengucapkan selamat tinggal dengan Seoul, kampung halaman kedua saya.
I love Korea so much.. ( klik disini untuk alasan kenapa saya suka sama Korea).
Itinerary hari keempat ini sebenarnya hanya ada 1, tapi tim kami akhirnya membuatnya menjadi lebih dari 1 ^^.

Pagi-siang:
Check out Hotel Centermark, Insadong
IFC mall - Yeouido (disini kami gak sampai 30 menit hhihihi..)
Yeouido Park (itinerari English team sendiri)
KBS building (itinerari English team sendiri)
Kembali ke IFC mall dan berangkat ke Incheon airport
Check in di Incheon airport
Makan siang di Lotteria Incheon airport - tur berakhir
Korea Traditional Cultural Experience Center di terminal keberangkatan Incheon Airport.
Kembali ke Indonesia dengan Korean Air

Penerbangan saya kembali ke Indonesia adalah di pukul 15.35 KST (Korea Standard Time), sementara teman-teman yang lain jadwalnya lebih malam dari saya yaitu sekitar pukul 18.00 KST. Hanya Jas eonni yang jadwalnya hampir sama dengan saya, itupun masih saya duluan. Jas eonni penerbangannya jam 4-an sore.
Karena penerbangan saya yang lumayan awal tersebut, mau gak mau di hari keempat ini itinerari kami cuma bisa ke satu tempat dan cukup terburu-buru.

IFC (International Finance Center) Mall - Yeouido

Menurut guide kami, Kim eonni, IFC mall ini cukup terkenal di kalangan turis internasional, tapi kalau menurut saya sih mall ini biasa saja. Memang dari segi ukuran dan penataan cukup luas, tapi kalau dilihat dari penampakan yang ada, mall ini gak jauh berbeda dari mall-mall di Jakarta hahaha.. atau kalau mau perbandingan yang hampir mirip, saya lihatnya mirip dengan Suriah KLCC di Petronas - Malaysia.  Gak tau deh kenapa mereka memasukkan IFC dalam itinerary di detik terakhir. Di itinerary awal, hari terakhir adalah free time, dan setiap peserta akan diberikan voucher airport limo bus untuk keberangkatan ke bandara. Itinerari dengan IFC didalamnya baru kami terima sehari sebelum kami tiba di Seoul. Kayaknya sih IFC dimasukan dalam list karena lokasinya yang udah setengah jalan menuju ke bandara dan kebetulan dari keseluruhan itinerari kami, kami juga belum ke daerah Yeouido sama sekali.

Kalau boleh memilih saya lebih prefer untuk jalan-jalan di Hangang Park atau ke Seoul Museum of History (ini juga free), setidaknya itu yang saya rencanakan sebelumnya.
Di IFC mall ini kemarin, teman-teman yang penerbangannya masih jam 6 sore cukup kewalahan dengan koper mereka, karena mereka harus membawa koper mereka sambil muter-muter mall, dengan pertimbangan karena mereka tidak akan naik tur bus lagi. Mereka akan berangkat ke bandara sendiri dan mereka juga sudah diberikan T-money card untuk itu.
Nat, Lucky dan Vera eonni yang ribet pake banget dengan kopernya

* intermezzo sedikit, T-money card yang diberikan ke mereka adalah line edition dengan gambar moon yang lagi berteriak Don't touch me! - lucu banget deh.. I want it too !!! beli gak pa pa deh .. next time ke Seoul saya akan belain cari T-money card line edition bertulisan Don't touch me - gua banget dah tuh gambar.
lucu pake banget kan yaa...

Keputusan setelah membahas kesusahan teman-teman yang membawa koper dengan tur guide kami, akhirnya tur guide kami dan tur guide nya Chinese team bersedia untuk membantu Vera eonni, Lucky dan Nat untuk  menjaga koper mereka. Sebelumnya kami sudah berusaha mencari loker penitipan koper, tapi berhubung koper mereka rata-rata ukuran medium, sudah pasti loker yang tersedia tidak cukup. Loker di Seoul kebanyakan ukuran maksimalnya adalah sebesar koper cabin, kecuali di stasiun-stasiun besar seperti Seoul Station baru ada yang ukurannya agak besaran.
Akses: Yeouido Station (line 5 atau 9) exit 3 - ada jalur yang menghubungkan langsung subway station dengan mall.
Yang saya sukai: sejujurnya diluar designnya yang bagus, saya gak tertarik sama sekali dengan mall ini, karena mall serupa dapat dijumpai di negara lain. hhehehehe..

Yang tidak saya sukai: mall ini mall internasional jadi isinya sudah pasti gak jauh beda dengan mall di Jakarta atau di negara lain dan berhubung kemarin adalah detik detik terakhir kami di Korea, kok rasanya kurang berkesan klo rute terakhir kami adalah mall (so sorry KTO dan Kim eonni). Tapi kalau dilihat dari daftar brandnya lumayan lengkap kok. Kalau yg punya waktu lebih di Korea boleh mencoba ke sini, kali aja nemu brand yg gak ada di Indonesia.

Rating:

Harga: N/A (karena mall harga tergantung tokonya dan kemarin saya tidak masuk sama sekali ke toko-toko di mall ini)

Lokasi: 5

Kenyamanan: 4 (mallnya rapi, bersih, wcnya juga bersih dan terhubung dengan subway station)

Variasi / fasilitas: 4 (karena gak punya loker untuk koper gede - saya putuskan kasih rating 4 aja ^^ -selebihnya fasilitasnya cukup lengkap)

Kepuasan: 3

Yeouido Park

Peta Yeouido Park
Yeouido Park ini seharusnya gak ada di itinerari kami. Kami memutuskan ke Yeouido park di detik-detik terakhir setelah  Kim eonni bersedia menjagakan koper 3 rekan kami. Sebenarnya tujuan utama kami adalah ke KBS bukan ke Yeouido Park. Yeouido Park ini akhirnya masuk ke itinerari kami karena kami pasti harus melewatinya kalau mau ke KBS dari IFC mall. Kami memilih Yeouido Park itu adalah tempat menarik yang paling masuk akal untuk dituju dalam waktu 1,5 jam yang kami punya.

Yeouido Park ini letaknya tepat di depat one IFC mall. Tinggal nyebrang aja dari IFC mall sampailah kita di sana. Sama seperti taman-taman di Seoul lainnya, taman Yeouido ini juga dilengkapi dengan pohon-pohon yang rindang dan kursi-kursi taman untuk istirahat.
Yeouido Park ini juga termasuk salah satu lokasi syuting drama The Producer, ada beberapa adegan Baek Sung Chan (diperankan oleh Kim Soo Hyun) dan Tak Ye Jin (diperankan oleh Gong Hyo Jin) yang disyuting di taman ini.
Dari Yeouido Park kita bisa melihat pemandangan gedung pencakar langit di Yeouido, termasuk diantaranya adalah gedung IFC mall. Di sisi lainnya kita juga dapat melihat gedung National Assembly, KBS dan juga hangang park.
Gedung Pencakar langit di Yeouido, foto dari lapangan di Yeouido Park

Akses: subway Yeouido Station (line 5) exit 3 + 5 menit jalan kaki dari National Assembly Building.
kalau dari IFC mall tinggal keluar dari one IFC mall dan menyebrang.

Biaya masuk: FREE

Tips: paling bagus ke sini waktu musim semi, ini salah satu tempat terbaik untuk melihat cherry blossoms.

Yang saya sukai:

-tamannya asri dan banyak disediakan tempat duduk.

-ada peta dan petunjuk berbahasa Inggris di sepanjang taman.

Yang tidak saya sukai:

Harga: N/A (karena Free)

Kenyamanan: 5

Variasi / fasilitas: 5

Kepuasan: 5

KBS (Korean Broadcasting System) Building - Yeouido

Gedung Utama KBS
Yang bikin saya pengen ke KBS ini adalah karena saya pengen melihat langsung tangga yang sering dipakai untuk syuting pembukaan reality show 2 days 1 night dan yang kedua adalah karena ini juga adalah tempat syuting drama The Producer.

lokasi ini sering muncul di 2d1n dan the Producer

Dari IFC mall untuk menuju ke KBS tidaklah sulit, cukup menyebrang ke arah Yeouido Park, telusuri Yeouido Park ke arah kiri dan keluarlah di ujungnya, gedung KBS akan langsung kelihatan di seberang jalan.

Kemarin kami sempat terputar-putar karena kami keluar di exit yang berhadapan dengan National Assembly building, agak kecepatan.

Jadi ketika kami menyebrang dan berjalan ke arah kiri yang kami jumpai pertama adalah gedung KBS yang tempat parkirannya dipakai syuting drama Producer. Ini bukan gedung utama KBS. Karena  kami masuk dari sana, kami harus memutari beberapa gedung yang masih dalam lokasi yang sama dengan KBS sebelum kami menemukan pintu masuk utama KBS, tempat tangganya 2 days 1 night 1박2일 yang kami cari. Hehhee.. akhirnya mission accomplished.

tangganya ketemu, horeee!!! aslinya lebih luas dari yang keliatan di tv, buat foto keseluruhan saja saya harus pakai panorama mode.

Tangga KBS tempat syuting opening  2 days 1 night

Sebenarnya di KBS building ini ada museum yang dibuka untuk umum, tapi karena waktu itu waktu kami tinggal 20 menit kami gak bisa menjelajahi bagian dalam KBS. Gallerynya namanya KBS On, berikut websitenya :

Akses:

subway Yeouido Station (line 5 atau 9) exit 3 + jalan kaki 20 menit.

subway National Assembly station (line 9) exit 4 + jalan kaki 20 menit.

Cafe di sebelah kanan ini tempat nongkrongnya para manager artis - di drama The Producer
Website:
office.kbs.co.kr/hall (Korean only)

Biaya masuk: Free (hanya tempat tertentu yang dapat diakses oleh umum).

Tempat parkir adegan Baek Sung Chan  bertemu dengan Cindy di episode terakhir The Producer
Saya tidak dapat memberikan rating untuk KBS building ini karena waktu saya di sana tidak sampai 15 menit.

Segera setelah kami menemukan tangga yang kami cari, kami segera kembali ke IFC mall, karena sudah hampir tiba waktunya bagi kami untuk ke bandara.
Tak lupa grup selca sebagai bukti kalau misi kami tercapai - dan map file dari sorinada tersebut kami anggap sebagai reward kami hehehe.. *padahal dapatnya gratisan karena lagi ada pencarian radio dj sorinada*

Akhirnya Vera eonni, Nat dan Lucky memutuskan untuk langsung ke bandara, tidak jadi ke tempat lain di sekitar Seoul.  Lah tau gitu gak usah nurunin koper tadi ya.. x_x

Incheon Airport

4 kali Korea, baru kali ini melihat langsung bagian depan Incheon Airport yang bentuknya kayak pesawat luar angkasa.. hehe.. biasanya selalu naik AREX jadi tidak pernah lewat depan airport

Seperti biasa Incheon airport tidak pernah mengecewakan saya. Gak heran deh kenapa airport ini termasuk 5 besar airport terbaik di dunia. Pelayanannya bagus sekali. Antrian di check in counter maupun masuk passenger terminal pun selalu rapi. Ada banyak pintu masuk untuk keberangkatan international ke passanger terminal karena itu antriannya gak panjang-panjang banget.

Ini menu saya di Lotteria

Sesampai di Incheon airport saya dan Jas eonni langsung bergegas check in di line khusus untuk penumpang Korean air yang sudah check in di web. Setelah check in kami segera menyusul teman-teman lain yang sudah duluan menuju Lotteria. Makan siang kami hari  itu cukup sederhana kalau dibandingkan hari-hari sebelumnya hehehe.. ketebak dong apa yang kami pesan di Lotteria?! sudah pasti  paket burger combo dengan minuman hehehe...

Saya tidak akan memberikan rating untuk Lotteria, karena rasanya sama saja dengan lotteria yang ada di Jakarta.

Akses:

Incheon airport ini dapat dituju dengan Airport limousine bus dan AREX (kereta Airport express). saya sendiri lebih prefer untuk pakai AREX karena lebih cepat dan lebih murah. Tapi bagi yang bawaannya banyak dan kopernya gede mungkin Airport limousine bus akan lebih membantu.

Tips: Security screening saat akan masuk passanger terminal saat ini lebih ketat, bagi yang pakai sepatu boot, heels, jaket, jam tangan diminta untuk dilepas. nah supaya gak ribet, sebaiknya hindari menggunakan sepatu yang copotnya susah, begitu pula dengan jaket ya.. kalau perlu udah copot duluan saat masih di antrian, biar gak terlalu lama di tempat screening.

Yang saya suka:

-Airport ini wc nya bersih  dan ada yang pake closet cover, jadi gak usah susah-susah ngelap tempat duduk closet deh. cukup tekan tombol aja plastik cover tempat duduk otomatis akan berganti dengan yang baru.

-airport ini juga punya toko duty free yang cukup banyak, buat yang gak sempat belanja kosmetik di Seoul, bisa belanja di airport, hanya saja varians mungkin tidak selengkap di toko-toko di downtown Seoul.

-airport ini fasilitasnya lengkap banget, sampai ada jjimjilbangnya juga loh, dan yang paling saya suka adalah Korea Traditional Cultural Experience Center -nya yang terletak di terminal keberangkatan internasional.

*tahun 2013 kemarin pernah menginap di airport ini di terminal keberangkatan dan karena fasliitasnya saya bisa enjoy tidur di bandara*

Yang tidak saya suka:

Harga: N/A

Kenyamanan: 5

Variasi / fasilitas: 5

Kepuasan: 5

Korea Traditional Cultural Experience Center
Berbagai pengalaman budaya di Korea Traditional Cultural Experience Center

Ini adalah tempat khusus yang disediakan di airport Incheon - sampai sejauh ini saya hanya menemukan yang begini di airport-nya Korea, untuk memperkenalkan budaya Korea ke penumpang yang transit atau sedang menunggu pesawat di Incheon Airport. Kalau airport lain hanya menawarkan pengalaman belanja atau hiburan, di Incheon airport ini pengunjung diberi kesempatan untuk mempelajari budaya Korea lewat pertunjukan prosesi The Walk of The Royal Family, berfoto dengan hanbok, dan membuat kerajinan tangan khas Korea.
Saya kemarin berkesempatan untuk membuat key chain dengan motif tradisional Korea dan menonton prosesi  The Walk of The Royal Family, seperti lagi nonton drama kolosal Korea hehehe.. Setelah prosesi pengunjung juga diberi kesempatan untuk foto bareng dengan para pengawal dan keluarga kerajaan.

Setelah menonton prosesi saya cepat-cepat bergabung dengan teman peserta trip juga dari Taiwan yang sudah mulai duluan melukis key chainnya. Tadinya saya sempat khawatir saya gak bakal dapat menyelesaikan key chain saya, tapi akhirnya bisa juga. Dalam waktu 15 menit saya berhasil menyelesaikan proses pewarnaan key chain saya.

Cara untuk berpartisipasi dengan cultural experience di Korea Traditional Cultural Experience Center ini cukup mudah, cukup dengan menghubungi staf yang berjaga di sana (biasanya berpakaian hanbok) dan stafnya akan minta kita untuk menunjukkan boarding pass kita dan kita akan langsung diajarkan bagaimana proses membuat barang kerajinan tersebut.

Cara membuat keychain bermotif Korea ini cukup mudah, karena key chain sudah jadi dan gambar motifnya juga sudah ada. Kita akan diminta untuk memilih motif yang kita inginkan setelah itu, kita akan diajarkan bagaimana cara mewarnainya dengan cat yang juga sudah disediakan. Setelah selesai proses pewarnaan kita boleh membawa pulang key chain tersebut sebagai kenang-kenangan lengkap dengan amplopnya.

Ini key chain hasil karya saya dalam 15 menit

Tips: datang lebih awal ke bandara, biar ada waktu untuk singgah di sini dan bisa membuat kerajinan tangan tradisional Korea seperti saya .. hehehe...

Perlengkapan untuk mewarnai key chain

Akhirnya berakhir juga perjalanan trip kami di Korea, kami berempat belas harus kembali ke negara kami masing-masing... dan tentu saja dengan tetap mensupport promosi pariwisata Korea . See you again Korea..
Kami tidak akan melupakanmu dan akan selalu merindukanmu...

*special thanks to KTO for giving me this opportunity to join this amazing trip. It was an unforgettable moment in my life. I will remember all of you forever... Sera 세라 언니, Mr Kang Cheol 강철, Kim So Yeon 김소연 언니 만나서 반갑습니다. Thank you very much for the fabulous week!  감사합니다

to all English team participants: Jas 언니, Vera 언니, Lucky and Nat; Shuki and other participants from Japan and Taiwan .. let's keep in touch.. I miss you all already... We should plan a reunion trip someday ^^

Klik disini untuk itinerari hari pertama, kedua dan ketiga
Masih akan ada beberapa posting lain yang menarik soal trip ini dalam waktu dekat.

To be continued ...

Foto-foto lainnya dapat dilihat di:
Album facebook :
A Trip To My 2nd Hometown - Autumn Korea (11.18 - 11.21.2015)
Seoul Lantern Festival 2015

Instagram :
@tee2cya

*semua review di blog ini adalah berdasarkan pendapat pribadi saya*

This trip is fully sponsored by Korea Tourism Organization (KTO)

1. Hai kak teresia. Kak boleh.nanya g? Tmpt utk.belanja dri hongde. Myoengdong, dongdaemun dll. Kk lebih prefer kmn. Yg murah kumplit, dri bju dlk. Makasih

1. Aku lebih prefer Hongdae / dongdaemun ketimbang Myeongdong krn gak sepadat di Myeongdong. Harga sih tergantung barangnya apa.

2. Hai kak teresia. Kak boleh.nanya g? Tmpt utk.belanja dri hongde. Myoengdong, dongdaemun dll. Kk lebih prefer kmn. Yg murah kumplit, dri bju dlk. Makasih

3. Halo kak, mau nanya kalau naik KTX dan bawa koper ukuran large itu bisa gak ya? Apa ada tempat luggage khusus koper besar di KTX? Terima kasih.