Sunday, February 4, 2018

Winter Olympic: Pyeongchang Olympic & Paralympic 2018

Source: Korea.net official Website


This posting will be fully in Indonesian language. For reading in English, please use the translation button or read it directly from the source websites as mentioned on the end of this posting. 
 
Buat kita-kita yang tinggal di negara sub-tropis, kita lebih familiar dengan olimpiade musim panas karena stasiun tv lokal pasti memberitakannya berulang kali apalagi kalau atlet kita berhasil masuk ke babak final. Saya sendiri baru perhatian dengan Olimpiade Musim Dingin sejak Korea Selatan terpilih menjadi penyelenggara Olimpiade musim dingin.
Official logo of PyeongChang Olympic and Paralympic 2018 (source: PyeongChang Olympic official Facebook)


Olimpiade Pyeongchang adalah sebutan untuk Olimpiade musim dingin XXIII yang sebentar lagi akan diadakan, tepatnya pada tanggal 9-25 Februari 2018 di Pyeongchang, Provinsi Gangwon, Korea Selatan. Bersamaan dengan olimpiade Pyeongchang, Winter Paralympic games juga akan diadakan di Pyeongchang pada tanggal 9 – 18 Maret 2018. Apa itu paralympic games? Paralympic games adalah pertandingan olahraga olimpiade yang pesertanya adalah para atlet penyandang cacat.




Official Mascot

 
Source: Pyeongchang Olympic Official Website


Maskot dari Olimpiade PyeongChang ini adalah Soohorang. Sementara untuk Paralympic adalah Bandabi.



Soohorang adalah harimau putih yang menurut kepercayaan lama dianggap sebagai hewan pelindung Korea. Nama Soohorang sendiri diambil dari kata “Sooho” dan “Horang” yang dalam bahasa Korea berarti perlindungan dan harimau (bahasa Korea untuk harimau adalah “Horang-i”). Kata “Rang” sendiri merupakan kata terakhir dalam lagu tradisional Provinsi Gangwon “Jeong-seon A-ri-rang”. Nama Soohorang ini menjadi simbolisasi perlindungan yang diberikan kepada para atlet, penonton dan partisipan lainnya selama pertandingan. 


Soohorang &Bandabi di Lotte Shopping Avenue


Bandabi adalah maskot dari Paralympic yang berupa Asiatic Black Bear atau dalam bahasa Koreanya “Ban-dal-ga-seum-gom” (literally: beruang dengan tanda bulan sabit di dada) yang melambangkan dayakarsa yang kuat dan keberanian dalam cerita rakyat Korea. Kata Bandabi sendiri berasal dari "Bandal" dan "Bi". "Bandal" berarti bulan sabit, "Bi" melambangkan perayaan dari pertandingan.


Venue

 

Source: Korea Clickers Facebook

 


Olimpiade Pyeongchang akan diadakan di 3 kota di Provinsi Gangwon, Korea Selatan, yaitu di PyeongChang, Gangneung, dan Jeongseon. Tempat pelaksanaannya sendiri akan diadakan di 13 venue yang tersebar di ketiga kota tersebut. Upacara pembukaan dan penutupannya sendiri akan diadakan di PyeongChang Olympic Stadium.



Source: Korea Tourism Organization official Facebook



Cabang Olahraga


Ada 15 cabang Olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Pyeongchang. Apa saja itu? Bisa dilihat di infographic di bawah ini. 


Source: Korea Clickers Facebook






Transportasi Umum


Saat ini ada berbagai sarana transportasi yang dipersiapkan oleh pemerintah Korea untuk mempermudah para penonton olimpiade menuju ke venue pertandingan. Mulai dari free shuttle bus sampai kereta cepat semua dipersiapkan untuk mendukung event ini.



Free Shuttle Bus

Source: Seoul Government Official Website

 


Buat mereka yang sudah memiliki tiket pertandingan olimpiade atau pertunjukan budaya olimpiade dan akan berangkat dari Seoul, mereka dapat menggunakan fasilitas shuttle bus gratis. Nama resmi dari layanan ini adalah Pyeongchang e-bus.

Rute yang dilayani adalah Seoul – Pyeongchang vv dan Seoul – Gangneung vv.

Bus beroperasi selama Pyeongchang winter olympic ( 10 – 25 Feb 2018) dan Paralympic (9-18 Maret 2018).

Reservasi dan details jadwal: www.ebusnvan.com (KOR,ENG,CN,JP). 


Schedule as posted on www.ebusnvan.com



KTX Gyeonggang 

KTX Gyeonggang (source: Korea.net )



Dari Incheon Airport Terminal 2, kita dapat menaiki kereta cepat KTX Gyeonggang yang hanya memakan waktu 2 jam 6 menit. Dari Incheon Airport, kereta ini akan berhenti di 12 stasiun termasuk di dalamnya Seoul station dan Cheongnyangni station di Seoul. Selama Olimpiade, KTX ini akan melayani 51 trip per harinya dan selama Paralympic melayani 22 trip di hari biasa dan 30 trip di hari libur.



Stasiun kereta vs venue terdekat

Stasiun Pyeongchang: Phoenix Snow Park (venue untuk Snowboarding dan freestyle skiing).



Stasiun Jinbu: The Pyeongchang Olympic Stadium, The Olympic Sliding Centre, The Alpensia Biathlon, Cross-country, Ski Jumping Centre, The Jeongseon Alpine Centre dan Yongpyong Alpine Centre.



Stasiun Gangneung: The Gangneung Curling Centre, The Kwandong and Gangneung Hockey Centres, The Gangneung Ice Arena, dan the Gangneung Oval.



Harga (One-way trip):

Incheon – Gangneung KRW 40,700.

Seoul Station – Gangneung KRW 27,600.

Cheongnyangni station – Gangneung KRW 26,000.





Bus


Pilihan transportasi berikutnya adalah bus. Untuk menaiki bus dari Seoul, sangat disarankan kalian memilih bus berdasarkan lokasi Olympic venue yang ingin kalian tuju.



Untuk upacara pembukaan dan penutupan, menonton pertandingan alpine, ski, dan snowboarding:

Dari Seoul – naik bus dari Dong Seoul Bus Terminal ke Heonggye Bus Terminal.

Waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit. 
Harga tiket untuk sekali jalan: KRW 12,900.

Venue yang dekat dengan Heonggye Bus Terminal:

Pyeongchang Olympic Stadium, The Olympic Sliding Centre, The Alpensia Centre, Yongpyong Alpine Centre.



Untuk venue Jeongseon Alpine Center:

Naik bus dari Dong Seoul Bus Terminal dan turun di Jinbu Bus Terminal.

Waktu tempuh sekitar 2 jam. Harga tiket untuk sekali jalan: KRW 11,500.



Untuk venue Phoenix Snow Park:

Naik bus dari Dong Seoul Bus Terminal dan turun di Jangpyeong Bus Terminal.

Waktu tempuh sekitar 2 jam. Harga tiket untuk sekali jalan KRW 10,000.



Untuk menonton pertandingan ice skating dan hockey:

Naik bus dari Incheon International Airport menuju ke Gangneung Intercity Bus Terminal.

Waktu tempuh sekitar 4 jam 10 menit. Harga tiket untuk sekali jalan KRW 30,000.




Transport Spectators (TS)


Ini adalah transportasi yang disediakan untuk para penonton dari venue ke venue.

TS ini adalah transportasi gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja, baik mereka yang memiliki tiket pertandingan ataupun tidak.

Semua bus TS melayani jalur pulang pergi dari point keberangkatan menuju ke destinasi (kecuali TS no 7 dan 8 – melayani jalur circular).



Detail selengkapnya untuk TS dapat dibaca di website resmi Pyeongchang Olympic 2018.







Buat kalian yang memang traveling ke Korea untuk menonton langsung Pyeongchang Olympic Games kalian dapat mendownload official app Pyeongchang 2018. Di app ini seluruh informasi terkait olimpiade Pyeongchang dapat kalian temukan dengan mudah. 

link for Android
link for IOS


Source: Pyeongchang Olympic 2018 official Facebook



Soohorang & Bandabi di Indonesia 



Bulan November 2017 yang lalu, event khusus memperkenalkan Olimpiade PyeongChang diadakan di Lotte Shopping Avenue  dan beberapa lokasi lainnya. Karena lokasi kantor yang dekat dengan Lotte Shopping Avenue, saya hanya sempat mengunjungi event di Lotte Avenue ini. 
Soohorang & Bandabi in Indonesia 

Selama bulan November 2017 - Akhir Desember 2017 di Lotte Shopping Avenue kita dapat bertemu Soohorang dan Bandabi hampir di setiap sudut mall. Cek di Instagram saya untuk lengkapnya.  Pada hari pertama event, AOA juga didatangkan sebagai salah satu ambassador dari Olimpiade PyeongChang. 



Soohorang - mascot of Pyeongchang Olympic 2018


Bandabi - Mascot of Paralympic Games Pyeongchang 2018


AOA fan meeting - Jakarta -Lotte Shopping Avenue -November 2017- Photo credit: Korea Cultural Center Indonesia


Sekarang sudah pada tau kan tentang Pyeongchang Olympic dan Paralympic Games ?


Buat kalian yang pada tanggal 9-25 Februari 2018 atau 9-18 Maret sedang traveling di Korea Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk menonton langsung olimpiade musim dingin live! Ini bisa jadi kesempatan sekali seumur hidup mengingat Indonesia gak mungkin bisa menyelenggarakan olimpiade musim dingin karena negara kita kan bukan negara 4 musim ^^




Passion.Connected. Pyeongchang 2018. Let everyone shine!






Artikel ini diterjemahkan dan diubah seperlunya dari berbagai sumber:

Source:










Related posting:








No comments:

Post a Comment