Saturday, February 23, 2019

Tips Hunting Tiket Pesawat di Astindo Travel Fair

Setelah sekian lama tidak absen di travel fair, Jumat kemarin akhirnya saya absen lagi, kali ini di Astindo Travel Fair 2019 yang bertempat di JCC. Kenapa saya pilih ke Astindo Travel Fair bukan ke SQ  atau Cathay Pacific Travel Fair? Alasannya sih karena mau berangkat ke negara yang dituju dengan penerbangan langsung (ketebak dong ya berangkatnya udah pasti bukan ke Singapore atau Hongkong) ^^.

tips travel fair
Suasana antrian  di ticket box Astindo Travel Fair 2019 jam 8.49 pagi, Jumat, 22 Feb 2019

Jumat kemarin ini, dengan tekad bulat dan semangat mau liburan, saya berhasil mendapatkan tiket pesawat dengan harga cukup miring untuk penerbangan di ‘high season’ dan tanggal terbang dalam waktu lumayan dekat. Selain itu, karena belinya di travel fair tentunya banyak juga bonus-bonus tambahan yang saya dapatkan. Apa saja itu? Kita bahas setelah ini ya. Sebelumnya saya mau membagikan tips sukses berburu tiket di Astindo travel fair yang diadakan setiap tahun ini.

1. Follow social media resmi dari Astindo Travel Fair
Ini tujuannya adalah biar kita selalu dapat informasi terupdate dari event ini terutama mengenai airlines apa saja yang ikutan, syarat dapat cashback, bank yang bekerja sama sampai pada bonus plus apa saja yang kita dapatkan kalau bertransaksi di Astindo travel fair.
Untuk tahun ini, Astindo travel fair punya Instagram resmi @astindofair dan official website  www.astindofair.com .

2. Datang di hari pertama dan sebelum jam operasional Travel Fair.

tiba di JCC jam 8 pagi dan sudah ada
beberapa orang yang duduk
di depan area ticket box
Tujuan utama datang di hari pertama ini bukanlah karena takut kehabisan tiket, tapi karena biasanya hari pertama travel fair itu di hari kerja yang berarti pengunjung yang datang akan lebih sedikit ketimbang di akhir pekan.
Buat yang mau mendapatkan cashback, selalu cek terlebih dahulu syarat dan ketentuan cashbacknya sebelum datang ke travel fair. Tahun ini cashback hanya diberikan kepada pemegang kartu kredit BCA Card.  Jadi, jangan sampai salah bawa kartu. Pastikan juga membawa KTP karena nantinya akan diminta untuk cross check apakah anda benar pemegang kartu kredit BCA tersebut.
Selain itu wajib hukumnya untuk tiba di venue sebelum jam operasional travel fair karena biasanya kuota cashback itu terbatas. Tahun ini kuotanya hanya 200 orang pertama saja. * 200 orang pertama di sini adalah 200 orang pertama yang bertransaksi di travel fair dan tiba di antrian cashback BCA.

3. Dapatkan tiket Astindo travel fair in advance.
Ini membantu banget. Saya kemarin sukses berada di barisan paling depan untuk masuk ke travel fair dan tidak harus mengantri di loket tiket berkat tiket masuk yang saya dapatkan dari Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta. Setau saya tidak hanya KTO Jakarta yang membagi-bagikan tiket masuk Astindo travel fair gratis, beberapa influencer yang menjadi narasumber di seminar yang diadakan selama travel fair juga membagi-bagikan tiket Astindo travel fair gratis ke mereka-mereka yang registrasi di muka untuk ikutan seminar tersebut, tahun ini salah satunya mbak Claudia Kaunang.
baru kali ini bisa di posisi paling depan klo mengantri ๐Ÿ˜… jadi harus diabadikan dengan selca

4. Siapkan beberapa kombinasi tanggal berangkat dan pulang.
Saya kemarin menyiapkan 4 kombinasi tanggal berangkat dan pulang, dan terbukti itu cukup membantu mempercepat proses booking yang berarti menambah peluang lebih besar untuk mendapatkan cashback. Ingat kuota cashback terbatas untuk 200 orang pertama yang melakukan transaksi. Jadi, kita kudu bayar dulu, ada bukti transaksi baru dah bisa menuju ke booth cashback BCA.

5. Cek peta area travel fair dan tentukan maskapai yang ingin dipakai.
Ini juga salah satu cara untuk mempercepat pergerakan. Percuma datang pagi, kalau ujung-ujungnya di dalam bingung muter-muter gak jelas cari booth travel agent yang diinginkan. Biasanya kita bisa cek dulu range harga tiket promo untuk airlines tertentu di booth airlines yang bersangkutan. Peta area travel fair biasanya sudah tersedia di website resmi Astindo travel fair beberapa bulan sebelumnya. Untuk tahun ini, sejak November 2018 sudah tersedia.

6. Setelah membeli tiket dan tukar cashback, kunjungi booth tourism organization dari negara yang kalian tuju dan booth maskapai penerbangan yang kalian beli.
Kenapa? Karena biasanya mereka memberikan hadiah merchandise untuk pemegang tiket maskapai mereka / ke negara mereka. Saya kemarin belinya tiket SQ, saya ke booth SQ dan benar ada hadiah merchandise untuk yang beli tiket SQ. Setelah itu saya menuju ke booth Tourism Organization negara yang akan saya tuju, lagi dan lagi saya dapat merchandise di sana plus bonus berbagai buku dan brosur panduan wisata. Beberapa tourism organization tidak hanya memberikan merchandise loh. Ada yang juga memberikan tiket masuk gratis ke beberapa tempat wisata bahkan ada yang memberikan kartu transportasi beserta saldonya yang bisa digunakan saat kita traveling nantinya.

7. Yang terakhir, ada kaitannya dengan point 1 tadi, selalu cari informasi mengenai benefit apa saja yang bisa didapatkan buat mereka yang membeli tiket atau paket wisata di dan selama travel fair.

Ini bonus plus yang saya dapatkan kemarin dengan membeli tiket pesawat di Astindo travel fair:
  • Mesh bag dari SQ – karena saya ujung-ujungnya beli tiket SQ juga (bukan direct flight) – karena good price dan itu SQ tak apalah. Ini free merchandise untuk mereka yang membeli tiket SQ di Astindo travel fair.
  • Pouch dari SQ – free untuk member baru Krisflyer.
  • Beberapa lembar undian lucky draw + goodie bag dari Sompo insurance – cara mendapatkan ini dengan menunjukkan bukti transaksi kita di redemption booth (lokasinya dekat dengan pintu masuk – dari pintu masuk ke sebelah kiri agak nyempil gitu posisinya). Kemarin saya dapat undiannya 3x lipat karena bertransaksi dengan BCA card. Wish me luck ! ๐Ÿ˜Š
  • 1 goodie bag gede berisi merchandise dan brosur-brosur wisata dari tourism organization negara yang akan saya tuju.
  • Free asuransi perjalanan dari Sompo Insurance – ini juga cukup dengan mengunjungi booth mereka.
  • Free Bluebird voucher senilai total Rp 50.000 – dengan menunjukkan bukti transaksi di booth Bluebird
  • Cashback Rp 500.000 dari BCA – walau katanya cashback-nya baru akan masuk 2 bulan lagi.

Hasil hunting tiket di Astindo Travel Fair
semua ada di dalam 3 goodie bags ini
Bonus tambahan lainnya adalah booklet – booklet panduan wisata dari berbagai negara yang tourism organization-nya hadir di Astindo travel fair dan tentunya beserta merchandise juga.
Sebenarnya masih ada 3 lagi benefit yang bisa didapatkan dari BCA yaitu free flash BCA dengan saldo sampai dengan Rp 250.000 dengan minimum penukaran reward Rp 100.000 di seluruh tenant Astindo travel fair -> yang ini saya skip karena reward baru aja ditukarkan bulan lalu huhuu… tahun depan mau nabung reward ah, kali aja ada promo yang sama.

Benefit yang saya skip lagi adalah 2x Krisflyer Miles yang cuma bisa didapatkan buat mereka yang bertransaksi dengan kartu kredit BCA Singapore Airlines dan potongan harga tambahan dari voucher yang dapat diperoleh dengan menunjukkan BCA card dan KTP dengan nama yang sama. Ini saya skip karena untuk rute yang saya pilih di jadwal yang saya inginkan tidak terbang dengan pesawat dengan nomor penerbangan yang disebutkan di voucher potongan harga.

Ini bukan kali pertamanya saya belanja tiket di travel fair, sebelum ini beberapa tahun yang lalu saya juga beberapa kali belanja di Garuda Travel Fair, tapi baru kali ini saya ikutan antri pagi-pagi di travel fair demi cashback ^^.

Buat kalian yang masih dalam tahap menabung buat traveling, gak ada salahnya juga loh datang ke Astindo Travel Fair. Kenapa? karena disana kalian bisa mulai nyicil ambil buku panduan wisata, brosur,peta dan sekalian survey harga tiket, biar tau berapa budget yang diperlukan untuk tiket. Saya selalu melakukan ini dari dulu - kemanapun saya pergi, tiap ketemu tourist information center saya pasti singgah untuk ambil brosur (Maklum 'fakir' buku panduan wisata wkwk).

Pada penasaran saya akan terbang ke mana dengan SQ dalam waktu dekat ini? tunggu postingan berikutnya ya atau kalau gak sabaran silakan follow instagram saya @tee2cya untuk mendapatkan clue ๐Ÿ˜‰.