Friday, April 17, 2020

Event Korea gak ada gara-gara corona? Siapa bilang?!

(This article also published on www.korea.net - click here to read it in English version)

Dalgona coffee challenge - salah satu acara online yang diadakan di IG live KCC (photo: Korean Cultural Center Indonesia)
Video acara ini dapat ditonton di YouTube resmi KCCIndonesia. 


Yang bilang event Korea gak ada itu berarti dia bukan follower akun sosial media KCC ^^. Buat yang udah follow pasti pada tau dan justru kangen 'main' ke KCC nya ^^. 
Hayo siapa di sini yang kangen dengan Korean Cultural Center (KCC) ? 

Buat yang aktif ikutan acara ataupun kelas KCC ataupun pinjam buku di perpustakaan ataupun hanya sekedar numpang mengerjakan tugas di perpustakaan KCC pasti pada kangen banget dengan KCC. Yang dulunya seminggu bisa 2 - 3 kali atau bahkan setiap hari ke KCC sejak awal Maret kemarin udah gak bisa berkunjung karena KCC ditutup untuk umum. Ini semua tak lain tak bukan disebabkan oleh virus corona atau bahasa kerennya COVID-19 yang akhirnya sudah merambah ke Indonesia. 

KCC Indonesia sendiri sebenarnya sudah melakukan langkah-langkah pencegahan corona sejak Februari dengan melakukan pengecekan suhu badan untuk setiap pengunjung dan memberlakukan aturan wajib menggunakan masker di kawasan KCC. Penutupan KCC untuk publik pun mulai diberlakukan sejak tanggal 2 Maret, yaitu ketika pemerintah mengumumkan 2 pasien positif COVID-19 pertama di Indonesia. Kebijakan penutupan ini pun terus berlanjut dengan adanya pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Apakah pembatasan sosial atau bahasa kerennya social distancing membuat KCC menghentikan aktivitas promosi seni dan budaya Korea-nya? Jangan khawatir, KCC tau kalau diluar sana banyak yang rindu dengan 'kegiatan-kegiatan' bertema Korea. Karena itulah, mereka mulai mengadakan acara online lewat live instagram dan YouTube sejak Maret buat menemani kita-kita saat #dirumahsaja. 

Acara pertama yang diadakan adalah K-Games battle yang bisa diikuti siapa saja dari rumah. Bukan cuma K-games, acara online yang diadakan pun bervariasi, seperti K-crafts, K-talk, dan K-quiz. Minggu ini, konten baru pun kembali diadakan seperti pengenalan budaya dan bahasa Korea. 

Lewat acara online-nya KCC juga menantang follower untuk membuat K-crafts di rumah (photo: screenshot dari YouTube KCCIndonesia)
Video acara ini juga dapat ditonton di YouTube resmi KCCIndonesia


Salah satu acara yang menarik banyak perhatian penggemar Korea adalah K-quiz. K-quiz ini selain seru tetapi juga secara tidak langsung bisa menjadi sesi belajar budaya Korea. Pertanyaan yang diberikan adalah seputar pengetahuan umum tentang Korea dan budaya Korea. Bagaimana cara ikutan K-quiz ini? Setiap orang yang menonton live IG KCC boleh ikutan lewat salah satu cara berikut ini: 
1. Ikutan gabung di live IG KCC - KCC akan mengajak salah satu dari follower untuk live bareng. Nantinya saat live bareng, 5 pertanyaan akan diberikan dan harus dijawab langsung selama live bareng. 
2. Menjawab salah satu pertanyaan yang diberikan kepada semua yang nonton live. Cara jawabnya dengan mengetikkan jawaban pertanyaannya di live chat. Yang seru di sini jawabannya harus menggunakan  hangeul. 
Seru banget kan K-quiz ini?! 
Peserta K-quiz ini pun gak cuma dari Jakarta loh, banyak diantaranya yang berasal dari luar pulau. Bahkan ada juga peserta yang saat ini lagi kuliah di kota Daejeon, Korea Selatan. 
*psstt Pas ini, keliatan banget deh beda kecepatan jaringan internet di Indonesia dengan Korea. Yang live dari Korea suara dan gambarnya jernih sementara yang dari Indonesia rata-rata pada delay suaranya ataupun gambarnya blur. Bahkan ada yang terputus-putus. 

Apakah gue pernah ikutan nimbrung di live IG KCC? Tentu dong! Selama jaringan memungkinkan gue selalu ikutan nonton. Waktu K-quiz kemarin gue juga jadi salah satu pemenang kuis (rejeki anak sholeh ^^). Selain itu, gue pun tanggal 24 Maret kemarin juga sempat ikutan live bareng KCC di acara 'ngobrol bareng dengan Korea.net Honorary Reporter (HR)' bersama dengan 2 HR Indonesia lainnya, Thoriq dan Mita. Di acara ini, kami bertiga membagikan cerita pengalaman selama menjadi HR, tips buat HR yang baru bergabung dan juga menjawab pertanyaan dari penonton IG live yang diberikan via live chat. 

*sedikit BTS buat IG live ini: 
Ini pertama kalinya gue melakukan IG live dimana gue-nya nongol langsung + live bareng orang lain. Selama ini gak pernah melakukan IG live karena hp jadul dan jaringan internet 'kuota VIP' (baca: Very Irit Provider) gue ini hobinya putusin koneksi di tengah-tengah live. 
Kemarin waktu live sempat kejadian beneran dong :(.
Sempat bikin berabe, yang akhirnya gue berhasil live lagi setelah pinjam hp tetangga ^^ (untung punya tetangga baek hati dan tidak sombong!). 
Kesan live pertama: lebih susah dari bikin vlog soalnya keburu hilang fokus gara-gara jaringan + suara delay jadi sempat beberapa kali ngomongnya barengan sama host acaranya. 미안해요.
Belum lagi gue jadi lupa apa yang mau diceritakan :(. 
But at the end, it was a fun experience! Gak gitu gue gak pernah tau gimana rasanya live IG bareng. Thank you for inviting me KCCI!


Buat yang belum follow KCC, berikut link social media KCC dan website resminya: 

Instagram: @kcc.id
Facebook: Korean Cultural Center Indonesia 
YouTube: KCCIndonesia



No comments:

Post a Comment