Wednesday, June 19, 2013

Ke Bali saat Nyepi ?!!

Tiap saya bilang ke orang kalau saya akan ke Bali pada saat hari raya Nyepi, hampir semuanya bereaksi sama : "hah ? ngapain ? gak bisa kemana-mana lho!, buang-buang duit aja ke sana pas Nyepi !"
Suasana pantai Tanjung Benoa sore hari H-1 Nyepi

Tapi ternyata setelah dijalani perjalanan ke Bali di saat perayaan Nyepi tahun 2013 ini memberi pengalaman tersendiri bagi saya. Saya juga jadi ketagihan untuk ke Bali di Nyepi tahun-tahun berikutnya. Menurut saya mengunjungi Bali di saat Nyepi adalah saat yang tepat untuk melihat sisi lain dari pulau dewata ini. Bayangkan saja provinsi yang paling laris dikunjungi turis-turis yang biasanya penuh dengan keramaian, identik dengan kehidupan malam yang gemerlap, bus-bus pariwisata di mana-mana ini dalam waktu 1 x 24 jam menjadi hening serasa tidak ada kehidupan. Masyarakat Hindu memang lain dari yang lainnya, ketika perayaan hari raya tahun baru lainnya dirayakan dengan gegap gempita dan gemerlapan, perayaan hari raya Nyepi yang merupakan perayaan tahun baru Saka ini justru dirayakan dengan hening. Sungguh suatu hal yang luar biasa. Penganut agama Hindu justru merayakan tahun baru dengan keheningan. Mereka menggunakan saat ini untuk mawas diri, bersembahyang dan berpantang.

Hari raya Nyepi ini berlangsung selama 1x 24 jam dimulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam 6 pagi hari berikutnya. Selama 24 jam tersebut, tidak diperkenankan adanya kegiatan di luar rumah termasuk menyalakan lampu di rumah, kecuali di hotel-hotel, itu pun lampu hanya terbatas di kamar tamu hotel. Ada denda / sanksi yang akan dikenakan apabila aturan ini dilanggar.

Dari perjalanan saya kemarin, berikut catatan penting dari apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan  apabila berencana untuk melewatkan hari raya Nyepi di bali :

1. Pilih penerbangan sehari sebelum Nyepi, dan usahakan penerbangan pagi  karena pada sore hari akan ada pawai Ogoh-Ogoh dimana-mana yang membuat jalanan macet, selain itu transportasi umum dipastikan akan susah untuk ditemukan saat itu. Jam terbaik usahakan tiba di Bali sebelum jam 1 siang.
  2. Kalau berencana menginap di hotel selama Nyepi, carilah hotel dengan fasilitas lengkap, pilihan saya minimal hotel bintang 4 yang memiliki fasilitas tv kabel, dvd dalam kamar, dan kolam renang. Pilihan hotel menentukan nasib kita selama hari raya Nyepi tersebut, karena selama hari raya Nyepi kita hanya diperbolehkan beraktivitas di dalam areal hotel. Berenang pun harus dengan silent mode. Makan siang dan makan malam tidak diperbolehkan di ruang terbuka. Di malam hari pun, kalau keluar kamar semua tempat akan gelap gulita, tamu hanya diperkenankan membawa senter kecil. Semua hotel di Bali menerapkan aturan tidak ada tamu yang diperkenankan check out di hari raya Nyepi, jadi minimal lama menginap adalah 2 malam, day - 1 sampai day + 1.
  3. Di hari raya Nyepi tidak ada 1 pun channel tv yang disiarkan di Bali, termasuk tv kabel, jadi kalau yang menginap di hotel tanpa fasilitas kolam renang, dan permainan lainnya, lebih baik siap bawa laptop / portable dvd / gadget lainnya biar ada hiburan di kamar. Jangankan channel tv, jaringan internet pun ada kemungkinan juga akan trouble di hari itu.
  4. Semua ATM di Bali akan tidak beroperasi sehari sebelum hari raya Nyepi sampai dengan pagi hari setelah hari raya Nyepi, mayoritas mulai jam 12 siang h-1 sudah tidak beroperasi, kalaupun masih beroperasi biasanya sudah tidak ada uangnya. Jadi, kalau tiba di Balinya malam hari sebelum Nyepi disarankan sudah bawa cash sebelum penerbangan ke Bali, atau bawa kartu kredit deh. Saya sendiri sempat kelabakan juga dengan hal ini, siapa sangka kalau ATM juga berhenti beroperasi.
  5. Tempat-tempat umum seperti mall, convenience store juga hanya akan buka 1/4 hari pada h-1 Nyepi, pengalaman saya kemarin mall buka jam 11 siang dan tutup jam 1 siang. Mall-mall dan resto area Kuta baru akan buka kembali seperti semula pada jam 5 sore h+1 Nyepi. Kemarin berlaku aturan seperti ini karena ada bazaar di  pantai Kuta. Saya sendiri sampai kelaparan hari itu. Kalau bazaar di pantai Kuta itu menjadi acara tahunan disarankan cari resto di luar area Kuta atau breakfast yang banyak dulu di hotel sebelum check out.
  6. Kalau menginap di kawasan Tanjung Benoa seperti saya, siap-siap kesulitan sinyal. Baru kali ini saya menjadi fakir wifi di negara sendiri, biasanya saya baru fakir wifi kalau di luar negeri. Sinyal yang ada di lokasi ini saat itu hanya XL.
  7. Mayoritas resto juga sudah tutup H-1 Nyepi termasuk resto fastfood, saya kemarin harus mencari ke 3 Burger King di 3 lokasi berbeda baru dapat menemukan BK yang masih buka. Jadi kalau tiba di bandaranya udah sore, lebih baik beli makan sekalian di bandara, baru berangkat ke hotel. Tapi bagi yang tidak keberatan membayar makanan hotel, semua hotel berbintang pasti menyediakan restaurant untuk lunch /dinner, tapi tentu saja dengan harga yang cukup mahal.
  8. Satu hal terakhir, pastikan kalau hotel tempat kita menginap memiliki fasilitas room service / minim resto tetap beroperasi selama hari raya Nyepi, karena dari info yang saya dapat tidak semua hotel fasilitasnya beroperasi seperti biasanya di hari raya tersebut.

1. Suatu Article yang sangat memberikkan Tips Saat Nyepi Buat Kalian Yang Merencanakan liburan di Bali Saat hari Ini Berlangsung , Karena Kami Di Bali Saat Nyepi Tidak Terkecuali Untuk Semua Yang tinggal Di Pulau Bali ! Have to Follow the rule Of regulation The Nyepi Day, Semua aktivitas berhenti ! dari Biasanya Pulau Hening Sehari ! dari K.S Sea Groups Bali

2. Keren artikelnya kebetulan saya dan keluarga berencana liburan nyepi dibali tahun ini..

3. Keren artikelnya kebetulan saya dan keluarga berencana liburan nyepi dibali tahun ini..

1. Thanks, selamat berlibur! Smoga lancarr ya liburannya mbak Rahayu

4. The Solo Travel Tips in bali that you discussed this time are very interesting and very inspiring. Thank you for sharing your experiences and knowledge about holidays. VillaKubu.com