Tuesday, May 3, 2016

Grevin Museum - more than just a museum ^^


You can meet them all at Grevin Museum, Seoul … 


Sebelum ini saya sudah pernah posting tentang museum ini di salah satu postingan tentang Visit Korea VIPInvitation Trip bulan November 2015 kemarin. Setelah dipertimbangkan kembali, sepertinya tempat ini berhak mendapat halaman tersendiri. Saya senang banget kemarin waktu ke tempat ini, senang sekaligus puas sampai lupa waktu hahaha… gimana gak senang ya… Cuma di sini saya bisa bertemu dengan banyak seleb terkenal baik dari Hollywood sana sampai Hallyu stars dan bisa berfoto dengan mereka sepuasnya ~ walau cuma dengan patung lilinnya doang hahaha ^^ .
Ulasan khusus tentang Grevin Museum ini akan saya buat dalam bentuk W & H questions (What, Where, When, Who, Why, How). 


What is Grevin Museum?

Grevin Museum adalah museum yang memamerkan berbagai koleksi patung lilin tokoh-tokoh terkenal dunia, dari politisi, artis, atlet, pemimpin negara sampai pelukis yang venue-nya dikemas dengan tema tersendiri sesuai dengan latar belakang masing-masing tokoh.


What’s inside this museum?

Karena merupakan wax museum tentunya yang pasti dapat kita jumpai di museum ini adalah patung lilin. Psst… buat para penggemar KPop, Kdrama, Kmovie, puas-puasin deh foto bareng dengan para bias -namja chingu, oppa, yeoja chingu, ahjussi kalian ^^ dibandingkan dengan museum lilin yang ada di Hongkong, koleksi patung lilin Hallyu star di museum ini adalah yang paling lengkap menurut saya, interiornya juga jauh lebih bagus untuk di foto – mungkin karena lokasinya yang di Korea ya^^

Museum ini memiliki 14 zona dengan tema yang berbeda-beda yang tersebar di 3 lantai. Ketika membeli tiket museum ini, kalian akan diberikan petunjuk tertulis (dalam bahasa Inggris) tentang aturan di museum dan keterangan zona beserta cara ikut serta dalam setiap permainan. Rute perjalanan adalah dari lantai 4, 3, 2 dan yang terakhir kembali ke lantai dasar tempat kita masuk tadi.

Selain patung lilin tokoh-tokoh terkenal , museum ini juga mengajak para pengunjung untuk turut berpartisipasi dalam beberapa permainan interaktif ~ ini nih yang bikin saya suka banget sama museum ini. Di akhir setiap game akan ada sesi foto, jadi jangan lupa pose ya ^^ - fotonya dapat dikirimkan ke email kita. Total ada 7 permainan yang bisa dicoba oleh para pengunjung dengan scan barcode yang ada di tiket masuk museum.

Berikut daftar permainan yang ada: 
1. Ocean's 13 - ini game roullete - dengan venue persis seperti yang asli di casino. 
game roullete 'Ocean's 13' ditemani dua orang ini ^^

2. Inventor's classroom -  di sini settinganya dibuat seperti kelas lengkap dengan patung lilin Albert Einstein dan Steve Jobs sebagai gurunya ^^. Di game ini kita akan diminta untuk menjawab pertanyaan uji wawasan umum kita melawan seluruh kelas. Di akhir permainan akan diumumkan skor tertinggi dan rank dari tiap pemain. 
Suasana di inventor's classroom -foto ini diambil diakhir permainan yang kemudian akan dikirim ke email kita (Thanks Vera Eonni for the photo - she also posted about this on her blog meheartseoul.blogspot.com).

jiahh... dari 4 peserta saya paling bontot.. cuma dapat 18 point - memalukan x_x
3. Flight simulator - sesuai namanya ini adalah simulator pesawat terbang. Ini adalah game yang paling 'daebak' menurut saya, karena setting-nya yang dibuat persis seperti kokpit. Untuk bermain game ini juga diperlukan dua orang, satu sebagai pilot dan satu lagi sebagai co-pilot. Kita akan diminta untuk mendaratkan pesawat.. saya sukses mendaratkan pesawat dengan crash landing.. ternyata mendaratkan pesawat itu sulit teman-teman, di simulator pun perlu kerja sama yang baik antara pilot dengan co-pilotnya. Pengen banget mencoba kembali tapi sayangnya gak bisa karena setiap tiket hanya bisa bermain 1 kali di permainan yang sama.
Peserta trip dari Taiwan dan staf KTO yang lagi mencoba mendaratkan pesawat - gimana persis seperti simulator aslinya kan? gak kalah sama yang ada di Kidzania hehehe... flight simulator ini ternyata didukung oleh Asiana Airlines ^^.

4. Jordan's challange - kemarin gak mencoba game ini, karena ntah kenapa terlewatkan begitu saja.. haha.. mungkin karena saya memang gak tertarik dengan zona atlet ini *sorry* . Dari perkiraan saya, game ini sepertinya adalah game shooting bola basket.


5. Pop Art Me -  di game ini kita bisa membuat pop art foto kita.
Ini hasil pop art me saya


6. Face Morphing - game ini juga cukup menarik karena kita bisa mendesain patung dengan wajah kita sendiri, dengan memilih pose seperti selebriti yang kita inginkan, pakaian dan pose-nya. Di akhir permainan ini kita bisa melihat simulasi patung dengan wajah kita yang di tengah-tengah hall of fame Grevin Museum.
(saya agak tidak begitu yakin apakah ini adalah deskripsi yang benar untuk game ini - karena saking banyaknya games yang ditawarkan dan waktu yang sempit - jadinya memori agak jadi tercampur aduk begini *halah *abaikan - tapi yang pasti game seperti ini ada di Grevin, cuma namanya benar apa gak Face morphing saya kurang yakin *sorry*).
 
Step by step pembuatan patung lilin sampai siap dipajang di hall of fame - kita bisa mencoba sendiri prosesnya dan melihat patung lilin kita sendiri

7. Music quiz - yang ini juga saya lewatkan - huhu.. karena keterbatasan waktu.  Saya hanya sempat berpose di recording studio ^^ - saking semangatnya foto-foto sampai gak sadar, kalau itu adalah spot permainan berikutnya. *kalau ada yang pernah mencoba games ini - tolong info ya di comment di bawah gamesnya seperti apa biar bisa ditambahkan di sini.  
Di lantai dasar museum ini, juga terdapat Grevin Boutique yang menjual berbagai merchandise Grevin dan juga K-Pop. Selain itu juga ada Grevin cafe. 
Grevin Boutique - dengan berbagai merchandise KPop dan Grevin sendiri

Merchandise bergambar Lee Min Ho di Grevin Boutique
Art lamp bertema 'Cho Chung Do' - salah satu lukisan terkenal Shin Saimdang yang patung lilinnya juga ada di museum ini - ini merchandise yang saya beli dari museum ini - klik di sini untuk best buy lainnya dari trip November 2015 saya.


Who's inside this museum?

Berikut sebagian dari sekian banyak 'orang-orang tenar' yang dapat ditemui di tempat ini berdasarkan zona-nya, berdasarkan ingatan saya dan yang saya tau namanya - kabarnya jumlahnya ada 80 tokoh (maafkan karena terlalu exicited dan waktu yang sempit gak sempat cek nama mereka satu per satu) ^^:
1. Red carpet : Jang Dong Gun, Kwon Sang Woo, Ahn Jae Wook, Bae Yong Jun.
2. Into the movies: Brad Pitt, Jackie Chan, George Clooney, Al Pacino, Steven Spielberg, Sylvester Stallone, Bruce Lee.
3. History: The Great King Sejong, Sin Saimdang, Admiral Yi Sun Shin, Hwang Yi. 
The Great King Sejong
4. Inventors: Albert Einstein, Steve Jobs.
5. Dedication: Pope Francis, Kardinal Steven Sou Hwan Kim, Mahatma Gandhi, Nelson Mandela.
Kardinal Steven Sou Hwan Kim dan Pope Francis
6. Presidential Aircraft: Queen Elizabeth II, Ban Ki Moon, Xi Jin Ping, Barack Obama, Leonardo DiCaprio. 
hahaha.. yang begini cuma bisa terwujud di sini nih...

7. The Great Champions: Kim Yuna, Park Ji Sung, Michael Jordan, Guus Hiddink, Ronaldo, Tiger Woods.
Park Ji Sung
8. Artists at Work: Vincent Van Gogh, Andy Warhol, Piccaso, Marilyn Monroe. 
 
Yang mau kunjungan ke Van Gogh workshop, anyone?
9. Recording studio: Sumi Jo, John Lennon, Pavarotti. 
Rekaman album baru Sumi Jo, Pavarotti ft. me ^^
10. Beauty Salon: Kim Tae Hee, Paris Hilton, Audrey Hepburn, Lady Diana, Go So Young. 
Eonni.. ntar ijin foto bareng sama Rain yaaa.. pinjam bentar aja 1 min.
11.Hall of Fame: Tom Cruise, PSY, Lang Lang, G Dragon, Rain, Madonna, Michael Jackson, Angelina Jolie, Michele Yeoh. 
oppa .. selca bareng dong, tadi udah ijin ama Tae Hee eonni ^^



 
12.Hallyuwood: Hyun Bin, Park Shin Hye, Kim Soo Hyun, Lee Min Ho, Jang Geun Suk (mungkin kedepannya SongSong couple bakal ikutan nongkrong di sini juga hahahha.. .
 

Why you should visit this museum?

Saya sendiri sangat merekomendasikan tempat ini dan walau sudah pernah ke sana sekali, saya masih pengen kembali lagi ke sana – karena yang kemarin belum puas foto-fotonya *padahal udah 2,5 jam di sana, sampai jadi grup paling telat datang ke lokasi berikutnya ㅎㅎㅎ. Berikut alasan yang dapat saya ‘himpun’ tentang mengapa kalian harus ke tempat ini – paling gak sekali:
  1. Karena di sana kalian bisa bertemu 'bias-bias' kalian dan berfoto dengan mereka sepuas mungkin… jarang-jarang kan semua pada ngumpul di satu tempat. Koleksi Hallyu stars mereka adalah yang paling banyak loh kalau dibandingkan dengan museum lilin lainnya.
    Sengaja post foto yang ini biar pada pengen ^^ - ini spot foto paling favorit, yang ngantri buat foto sama Lee Min Ho dari emak-emak sampe abg... siap-siap kalau kalian pose kayak gini, mereka bakal teriak histeris hahaha
  2. Lokasinya yang mudah diakses, bisa diakses dengan transportasi umum, dan dekat dengan tempat wisata utama lainnya, seperti Deoksugung, Gwanghwamun square, Seoul City Hall, Deoksugung Doldamgil, Cheonggyecheon stream. Kesemua tempat ini dapat diakses dengan berjalan kaki dari museum ini. 
  3. Salah satu permainan interaktif yang ada di sepanjang rute museum adalah flight simulator. Kapan lagi bisa nyobain mendaratkan pesawat sendiri seperti halnya pilot – gratis pula, sudah termasuk dalam harga tiket. Menurut saya, ini adalah games flight simulator termurah dari tempat-tempat lainnya yang menawarkan game-game serupa.
  4. Tempat ini juga ‘solo traveler friendly’ . Saya sebut begitu karena di semua rute selalu ada petugasnya, jadi kita bisa tolong mereka untuk mengambilkan foto kita… hehee… jadi gak harus mengandalkan selca / selfie stick. Di akhir setiap permainan kita juga diminta untuk berpose yang nantinya fotonya akan dikirimkan ke email yang kita masukkan saat bermain untuk pertama kalinya.
     


When is it open?

Museum Grevin di Seoul baru dibuka akhir Juli 2015.
Jam operasional museum ini adalah sebagai berikut:10 AM - 6PM (tiket dan last admission adalah jam 5 sore).
Waktu minimal yang diperlukan untuk eksplore museum ini menurut saya adalah 2 jam (dengan catatan foto sekali langsung move on yaaa ^^ kalau gak gitu, 3 jam pun belum tentu cukup - belum lagi antri untuk foto bareng artis lainnya - apalagi untuk Hallyu stars kebanyakan ada di rute terakhir hehehe... 1jam benernya bisa, tapi gak bakal sempat cobain semua permainan apalagi saat kondisi museum lagi rame pengunjung).

How much it cost?

Harga tiket masuk museum ini adalah sebagai berikut:
Dewasa (19-64 tahun): KRW 23000.
Pelajar (13-18 tahun): KRW 18000.
Anak-anak (3 -12 tahun) dan senior (65 tahun ke atas): KRW 15000. 
*anak-anak dibawah 3 tahun gratis - apabila datang bersamaan dengan orangtuanya.  
Tiket bisa dibeli di tempat maupun online lewat website resmi mereka:


Tips:

- Simpan tiket masuk Grevin Museum baik-baik -jangan sampai sobek apalagi hilang, karena nantinya kita perlu tiket ini untuk bermain di games interactive.  
Ini tiket masuk Grevin museum dan petunjuk yang diberikan saat pembelian tiket
- Pastikan memilih bahasa Inggris di permainan pertama kita- karena untuk berikutnya tidak dapat diganti lagi, setingan bahasa defaultnya tentu saja bahasa Korea. 
- Pastikan email yang dimasukkan saat bermain games interaktif benar, karena kalau salah nanti foto-foto kalian gak bisa dikirimkan, kayak saya :((,
- Kalau sudah tau mau berkunjung ke sini, jangan lupa pakai pakaian yang sesuai yaa.. gak perlu sampai gaun sih.. yang penting dandan cantik, gak mau kan foto bareng bias kalian dengan tampang lusuh, pakaian seadanya apalagi celana pendekan dan kaos-an, lebih gak matching lagi kalau foto dengan Ratu atau Obama ^^.  

Queen Elizabeth II siap menunggu kedatangan kalian untuk berfoto bersama ^^ jangan saltum yaa...
- Ke WC dulu sebelum masuk area pameran - karena wc hanya ada di lantai 1 dan lantai 4.
- Jangan lupa pose sebagus mungkin setiap habis permainan interaktif, karena tidak ada kesempatan kedua^^. 
Contoh foto 'sukses' - foto ini diambil setelah kami selesai mencoba flight simulator (thank you Vera eonni for the photo).
Contoh foto 'gagal' karena tidak terlalu fokus hasilnya - akibat belum siap pose, mengingat ini adalah permainan pertama kami - saya ama Nat masih mending udah duduk manis, Lucky malah belum sempat pose sama sekali. (thank you Nat for the photo)
- Sebaiknya ke sana pagi, atau paling gak jangan deket-deket pas mau tutup. Alasannya: kalau datang pagi, kemungkinan museum masih sepi, jadi kalian bisa puas-puasin foto bareng Lee Min Ho dkk, tanpa mengantri atau diantriin orang banyak.  Kedua, jangan deket-deket pas mau tutup, biar keburu foto-foto sama semua tokoh favorit kalian dan sempat mencoba permainan interaktifnya.



Where is it? 

 
Grevin Museum Seoul

Sampai saat tulisan ini dibuat hanya ada 4 museum Grevin di dunia, yaitu di Paris, Montreal, Prague dan Seoul. Jadi, kalau dihitung dari jaraknya, museum Grevin di Seoul adalah yang terdekat dengan kita (baca: Indonesia) dan merupakan satu-satunya museum Grevin di Asia.
Di Seoul sendiri museum ini cukup mudah untuk dituju karena lokasinya berada di pusat kota Seoul, tepatnya berada dekat di depan Lotte Hotel – yang lokasinya dapat dicapai dengan jalan kaki dari Seoul City Hall dan Deoksugung. 

Alamat:
Grevin Museum, 
23 Eulji-ro, Jung-gu, Seoul. 

Akses:
Subway Euljiro 1ga station (line 2) – exit 1 + jalan kaki ke arah Lotte Hotel +/- 3 menit atau 
Subway City Hall station  (line 1) - exit 5 + jalan kaki +/- 5 menit.
Museum terletak tepat di seberang Lotte Hotel. 


*saya mengunjungi Grevin Museum pada bulan November 2015 dalam rangka  Visit Korea VIP Invitation Trip (klik link ini untuk info selengkapnya) yang disponsori sepenuhnya oleh:
 
Korea Tourism Organization (KTO)




No comments:

Post a Comment