Thursday, June 23, 2016

Palaces in Seoul (Goong 궁) 4 +1 + 2

Istana di Seoul 4 + 1 + 2 , pilih yang mana ya?!

(For English speaking readers, please go forward to the end of this post, you will find a summary of this post in English).

Clockwise: Changdeokgung (photo credit: Seoul Korea Facebook), Changgyeonggung, Deoksugung, Gyeongbokgung, Gyeonghuigung (photo credit: www.visitseoul.net), Jongmyo Shrine, Unhyeongung (photo credit: Seoul Korea Facebook)

Penasaran dengan 4 + 1 + 2 ?
Yuk belajar berhitung dulu ^^ 

4 +1 + 2 = Istana dan shrine di Seoul.

4 = empat istana utama di Seoul -> Gyeongbokgung 경복궁, Changdeokgung 창덕궁, Changgyeonggung 창경궁, Deoksugung 덕수궁.
1 = satu royal shrine -> Jongmyo Shrine 종묘.
2 = dua istana kecil yang juga terletak tidak jauh dari keempat istana utama -> Gyeonghuigung 경희궁 dan Unhyeongung 운현궁.


Bingung memilh istana yang mana yang akan kalian kunjungi? Berikut saya coba menggabungkan informasi dari ketujuhnya agar lebih mudah untuk dipilih. Walau sebenarnya saya pribadi sangat merekomendasikan untuk mengunjungi keenam istana tersebut beserta Jongmyo shrine – kalau kalian punya waktu lama di Seoul. Kenapa? Karena setiap istana punya ciri khas tersendiri, punya pemandangan yang gak ada duanya di tempat lain dan tentunya sejarah yang berbeda di balik setiap bangunannya.



Berikut ini, saya akan mengulas (dengan singkat) tiap istana dan apa aja keunikan yang dimilikinya.

1. Gyeongbokgung (경복궁).

Istana ini diklaim sebagai istana yang paling banyak dikunjungi di Seoul. Istana ini dulunya adalah istana utama di jaman dinasti Joseon dan merupakan istana yang paling besar dibandingkan kelima istana lainnya.

Yang menarik:

- Di kompleks Gyeongbokgung, terdapat 2 museum yang dapat dikunjungi tanpa biaya masuk, yaitu The National Folk Museum of Korea dan The National Palace  Museum of Korea. Jadi, kunjungan ke Gyeongbokgung bisa dibilang paket pay 1 for 3 ^^ -> cocok buat budget traveler dan museum lovers.

The National Folk Museum of Korea (Salah satu bonus tempat yang dapat dikunjungi dengan tiket masuk Gyeongbokgung)

- Istana ini punya 3 spot cantik yang bagus banget buat tempat foto-foto. Di mana saja itu? Silakan dilihat di foto-foto di bawah ini -> cocok buat para penggila foto.

Geunjeongjeon (The Royal Audience Chamber) - Gyeongbokgung

Gyeonghueru Pavilion  (The Royal Banquet Pavilion) - Gyeongbokgung

Hyangwonjeong Pond - Gyeongbokgung

- Istana ini terletak di pusat kota Seoul yang dikelilingi oleh banyak landmark terkenal kota ini, diantaranya The Blue House (Cheongwadae) yang terletak tepat di seberang pintu belakang Gyeongbokgung (kunjungan ke The Blue House hanya dapat dengan mengikuti Cheongwadae tour dan harus melakukan reservasi di muka di website resmi mereka), Gwanghwamun dan Gwanghwamun plaza yang merupakan gerbang utama istana ini dan lapangan luas di depannya, patung King Sejong dan admiral Yi Sun Shin – keduanya ada di Gwanghwamun plaza, Cheonggyecheon stream yang terletak di ujung Gwanghwamun plaza dan tentu saja kompleks Hanok di Bukchon Hanok Village yang dapat ditempuh dengan jalan kaki dari istana ini -> cocok untuk budget traveler yang mau menghemat biaya transportasi dan penyuka walking tour.

- Setiap harinya ada pertunjukan budaya gratis: upacara pergantian pengawal kerajaan di Gyeongbokgung - narasi dari upacara ini dibacakan dalam 4 bahasa (Inggris, Korea, Jepang, Mandarin) -> cocok untul budget traveler dan penggemar K-culture.

Prosesi Upacara Pergantian Pengawal Kerajaan di Gyeongbokgung

Website: 
 


2. Changdeokgung (창덕궁)

Terletak tidak jauh dari Bukchon Hanok Village, Insadong dan tersambung dengan istana lainnya, Changgyeonggung. Kompleks istana ini terdaftar sebagai salah satu situs UNESCO World Heritage. Secara luas, untuk istananya saja memang masih kalah dengan Gyeongbokgung tapi kalau digabungkan dengan Secret Garden-nya (Huwon) kompleks istana ini sangatlah luas. Saking luasnya, untuk mengunjungi Secret Garden, pengunjung diwajibkan untuk mengikuti guided tour (free of charge) dan tur ini memakan waktu 90 menit karena luasnya area yang akan di-eksplore. Tur ini cukup populer, jadi kalau mau ikutan tur ini sangat disarankan untuk reservasi dulu di website ini: http://eng.cdg.go.kr/reservation/reserv_01.htm . Setiap slot tur dibatasi hanya 100 orang peserta, dengan kuota 50 orang dari reservasi online dan 50 orang reservasi on the spot. Tips-tips untuk mengikuti Secret Garden tour dapat dibaca di link ini.

Changdeokgung (Photo credit: Seoul Korea Facebook)

Yang menarik:

- Sebagai UNESCO World Heritage site , tempat ini punya keunikan sendiri yang tidak dimiliki oleh istana lainnya, salah satunya adalah secret garden-nya. Walau admission fee-nya terpisah, buat pemegang 4 palaces + 1 shrine integrated ticket (tiket terusan 4 istana dan 1 shrine di Seoul seharga KRW 10000), maka tidak perlu lagi membeli tiket untuk Secret Garden tour karena sudah termasuk di dalamnya. Walau begitu, reservasi online tetap disarankan dan pengunjung juga tetap harus menukarkan tiket terusan dengan tiket fisik Secret Garden di loket tiket Changdeokgung -> cocok untuk penggemar K-history, K-culture dan yang suka foto-foto.
 
Salah satu view di dalam Secret Garden - musim gugur (photo credit: Seoul Korea Facebook)
- Buat penggemar Korean Historical Drama, Secret Garden akan mengingatkan kalian pada beberapa scene di drama favorit kalian. Saya ke sini waktu musim semi dan taman ini terlihat sangat indah (maaf gak bisa share foto karena fotonya ke delete – baca selengkapnya soal ‘tragedi 300 foto hilang’ saya di sini -> cocok untuk penggemar K-drama.

- Istana ini terhubung dengan Changgyeonggung, jadi bisa kita sebut 1 + 1, hemat waktu dan tenaga ^^. Satu lagi, setelah mengunjungi keduanya kita bisa eksplore Insadong atau daerah Hyehwa (exit lewat gerbang utama Changgyeonggung) -> cocok untuk budget traveler.

Website: 


3. Changgyeonggung (창경궁)

Terletak tepat di sebelah Changdeokgung, istana ini cocok untuk dikunjungi setelah atau sebelum mengunjungi Changdeokgung. Kedua istana ini dihubungkan oleh gerbang Hamyangmun. Dari Changdeokgung, gerbang ini letaknya tidak jauh dari gerbang Secret Garden.

Salah satu gerbang Changgyeonggung di musim semi - ini adalah foto favorit saya ^^

Yang menarik:

- Kalau kita masuk istana ini dari Gerbang Hamyangmun, kita bisa lihat area istana ini dari atas. Di musim semi, pemandangannya keren banget karena di sekitar bangunan istana akan dipenuhi dengan cherry blossom, maehwa, dan royal azaleas -> cocok untuk penggemar foto, K-culture, dan budget traveler.
 
View Changgyeonggung dari Hamyangmun gate



- Istana ini punya greenhouse yang instragammable ^^ (Greenhouse ditutup untuk umum selama masa maintenance 17 May 2016 – November 2017).

Greenhouse Changgyeonggung (photo credit: english.visitkorea.or.kr)

Website:


4. Deoksugung (덕수궁)

Istana ini letaknya berseberangan dengan Seoul City Hall dan tidak jauh dari Cheonggyecheon Plaza. Kalau Gyeongbokgung adalah istana utama di masa-masa kejayaan Dinasti Joseon, Deoksugung ini adalah istana yang menjadi saksi dari tahun-tahun terakhir Dinasti ini. Karena itu pula, istana ini memiliki bangunan berarsitektur modern di dalam kompleksnya.
View Deoksugung dari Jeongdong Observatory di musim gugur - keren banget bukan? perpaduan antara bangunan berarsitektur tradisional dan barat-nya (photo credit: english.visitkorea.or.kr)

Yang menarik:

- Kompleks istana ini menawarkan pemandangan yang tidak biasa, yang memadukan bangunan tradisional dengan bangunan modern yang terletak bersebelahan -> cocok untuk penggemar foto dan K-culture.


- Di musim semi dan gugur istana ini punya pemandangn yang luar biasa indah.
 
salah satu spot di Deoksugung saat musim gugur dan prosesi upacara pergantian pengawal kerajaan menuju ke gerbang utama Deoksugung
 
View di musim semi - diambil dari MMCA
- Di dalam kompleks istana terdapat 2 museum, yang pertama the National Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA) dan Seokjojeon Hall yang saat ini digunakan sebagai Daehan Empire Historical Museum. Seokjojeon Hall ini dapat dikunjungi dengan gratis hanya saja diperlukan reservasi terlebih dahulu lewat website resminya (hanya tersedia lewat website berbahasa Korea): http://www.deoksugung.go.kr/cms/board/suk_res2/step1.asp  , khusus untuk orang asing dapat reservasi on the spot hanya saja dibatasi maksimal 5 orang per timeslot. Untuk permanent exhibition di MMCA juga free -> cocok untuk museum lovers dan penggemar foto.
 
The National Museum of Modern and Contemporary Art - Deoksugung

Seokjojeon Hall - Daehan Empire Historical Museum

- Ada pertunjukan budaya The Changing of the Royal Guard Ceremony yang juga gratis. Jadi, untuk istana ini juga buy 1 get 4 (1 tiket Deoksugung, dapat mengunjungi Deoksugung, Seokjojeon Hall, MMCA dan The Changing of the Royal Guard Ceremony) -> cocok untuk budget traveler.

- Jalur disepanjang tembok batu Deoksugung atau yang lebih sering disebut Deoksugung Doldamgil adalah salah satu jalur yang indah di musim semi dan gugur.

Website:


5. Jongmyo Shrine (종묘)

Tempat ini adalah royal shrine yang dikhususkan untuk penghormatan (worship) kepada raja dan ratu dari Dinasti Joseon. Di dalam shrine ini disimpan memorial tablet dari para raja dan ratu Dinasti Joseon. Jongmyo Shrine ini juga tercatat sebagai salah satu situs UNESCO World Heritage dan upacara memorial service-nya yang disebut Jongmyo Jaerye juga termasuk sebagai cultural heritage. Kunjungan ke Jongmyo Shrine ini harus dengan guided tour pada hari biasa dan Minggu. Kunjungan tanpa guided tour hanya pada hari Sabtu.

Yang menarik:

- Main shrine (Jeongjeon) berupa hall yang cukup panjang yang saking panjangnya sangat sulit untuk diambil fotonya secara keseluruhan dari depan  hehee… buat yang pernah liat iklan (TVC) Imagine Your Korea yang dibintangi Lee Min Ho, main hall ini termasuk salah satu lokasi syuting TVC ini.
 
screenshot dari Official TVC Korea Tourism 2015 yang dibintangi oleh Lee Min Ho di Main Hall - Jongmyo Shrine - credit: Official Youtube Imagine Your Korea (psst.. untuk tahun 2016 ini akan dibintangi oleh 'Captain Yoo Si Jin' aka Song Joong Ki loh.. penasaran dengan TVC -nya *salah fokus*)
- Upacara Jongmyo Jerye – hanya di upacara ini pintu-pintu di hall utama Jongmyo akan dibuka. Upacara ini adalah upacara tradisional memorial services untuk mendiang raja dan ratu dinasti Joseon. Upacara ini akan dilengkapi dengan tarian dan iringan musik tradisional istana serta tentu saja semua pelaku upacaranya akan menggunakan kostum tradisional. Upacara ini cuma diadakan setahun sekali di hari Minggu pertama di bulan Mei. Jadi, kalau pas lagi di Seoul pada saat itu jangan sampai melewatkan upacaranya.
 
Ini main hall dari Jongmyo Shrine - diakui susah banget untuk mengambil fotonya secara keseluruhan - ini tempat yang sama dengan tempat syuting TVC di atas.
- Tempat ini punya nilai historical dan cultural yang tinggi *tentu saja, karena merupakan UNESCO World Heritage*, buat yang mau tau lebih banyak tentang tempat ini sangat disarankan untuk datang di hari biasa supaya dapat mengikuti guided tour -> cocok untuk penggemar K-culture. 


Ini Official TVC Korea Tourism tahun 2015 selengkapnya (video credit: Imagine Your Korea official Youtube): 


Website: 



6. Gyeonghuigung (경희궁)

Saya sendiri belum  pernah ke istana ini, tapi istana ini ada dalam bucket list saya, bukan hanya karena istana ini termasuk salah satu free things to do in Seoul, tapi juga karena viewnya yang menarik di musim dingin. Kawasan istana ini tidak luas jika dibandingkan 4 istana utama yang lainnya.
Gyeonghuigung (photo credit: www.visitseoul.net)

Yang menarik:

- Istana ini dapat dikunjungi tanpa biaya (free) -> cocok untuk budget traveler
- Seoul Museum of History yang juga free admission juga terletak di kawasan istana ini.
- Terletak tidak jauh dari Deoksugung doldamgil – jadi bisa dikunjungi dalam hari yang sama.

Website:


7. Unhyeongung (운현궁)

Sama seperti Gyeonghuigung, saya juga belum pernah mengunjungi tempat ini. Tempat ini terletak di dekat Anguk station, jadi lokasinya tidak jauh dari Changdeokgung dan Insadong. Tempat ini sebenarnya merupakan royal residence, yang merupakan kediaman King Gojong saat masih muda sebelum menjadi raja dinasti Joseon. Setelah Ia menjadi raja, Ayah kandungnya, Yi Haeung, yang menempati tempat ini. Di tempat ini pula, tempat berlangsungnya upacara pernikahan King Gojong dengan Empress Myeongsong – Ratu terakhir dari dinasti Joseon yang dibunuh dengan kejam oleh penjajah Jepang.

Unhyeongung (photo credit: Seoul Korea Facebook)

Unhyeongung (photo credit: Seoul Korea Facebook)

Yang menarik:

- Tempat ini saat ini dapat dikunjungi dengan gratis -> cocok untuk budget traveler.
- Setiap tahunnya diadakan reka ulang upacara pernikahan King Gojong dan Empress Myeongsong di tempat ini. Acara ini diadakan setahun dua kali di musim semi (sekitar bulan April atau Mei)  dan gugur (sekitar September atau Oktober) -> cocok untuk penggemar K-culture, K-history dan K-festival.
- Di tempat ini kita juga bisa menyewa hanbok yang bisa digunakan untuk foto-foto di seluruh kawasan Unhyeongung -> cocok untuk penggemar foto.


Informasi penting!

istana-istana di Seoul dapat dikunjungi dengan gratis oleh pengunjung yang mengenakan hanbok ^^ Mumpung 1-day hanbok rental lagi ngehits di Korea sana, jangan lewatkan kesempatan ini!

Untuk 4 istana utama di Seoul (Gyeongbokgung, Changdeokgung – termasuk Secret Garden guided tour, Changgyeonggung, Deoksugung) dan Jongmyo Shrine terdapat pilihan tiket terusan (integrated palace ticket) dengan harga KRW 10000 (normalnya KRW 14000 kalau membeli tiket satuan/bukan yang integrated) yang dapat dibeli di salah satu istana tersebut dan berlaku 1 bulan dari tanggal pembelian. Informasi penting tentang deskripsi singkat dari masing-masing situs, lokasi dan waktu beroperasi tersedia dibelakang tiket.

Istana yang tutup di hari Senin
Changdeokgung, Changgyeonggung, Deoksugung, Gyeonghuigung, Unhyeongung (kecuali jika hari Senin adalah hari libur nasional).

Istana yang tutup di hari Selasa
Gyeongbokgung, Jongmyo Shrine.

Untuk mempermudah membandingkan ketujuhnya, berikut saya coba buatkan summary dari informasi-informasi penting dari masing-masing istana dan royal shrine. 

Many readers inform me that this picture's resolution isn't really good, that's why I decided to copy the information below. Hopefully, all of you can read it now.


Jadi, bagaimana sekarang sudah dapat memutuskan istana mana yang akan kalian kunjungi?
Saya: saya akan mengunjungi kesemuanya ^^

Click here for tips from KTO (english.visitkorea.or.kr) for exploring Seoul's Royal Palaces.  
 
Postingan lainnya tentang Korea dapat dilihat di link ini.










Palaces in Seoul ( ) 4 + 1 + 2
Palace Admission Fees Opening hours Special information
Gyeongbokgung 경복궁
Adults (ages 19-64):
3000 won, 2400 won (group).
Children & Teenagers (ages 7-18)
1500 won, 1200 won (group).

*integrated ticket available
Nov-Feb:
09.00 -17.00.
Mar-May,Sep-Oct:
09.00 – 18.00.
Jun-Aug:
09.00 -18.30.

*last admission 1hr before closing

Closed:
Tuesday
-The Royal Guard Changing Ceremony 10.00, 14.00
- Gwanghwamun Guard on duty Ceremony 11.00, 13.00
- Pay 1 for 3 - 1 ticket for 3 places: Gyeongbokgung , The National Palace Museum of Korea, The National Folk Museum of Korea.
- free English guided tour available 11.00, 13.30, 15.30 (60mins).

Nearby attraction:
Gwanghwamun plaza, Cheonggyecheon stream, The Blue House (Cheongwadae), Cheongwadae Sarangchae, Bukchon Hanok Village, Samcheongdong.

Famous for:
The Main Hall (Geunjeongjeon), Gyeonghueru Pavilion, Hyangwonjeong Pond, Gwanghwamun gate.


Changdeokgung 창덕궁
Adults:
3000 won (regular), 5000 won (Secret Garden/Huwon)
Children:
1500 won (regular), 2500 won (Huwon).
Group:
20% discount for regular ticket.

*Integrated ticket available
Feb-May,Sep- Oct:
09.00-18.00.
Jun-Aug:
09.00-18.30.
Nov-Jan:
09.00-17.30.

*last admission 1hr before closing

Closed:
Monday
-listed as UNESCO World Heritage site in 1997.
-Huwon or Secret Garden is open for guided tour only (reservation available online and on the spot – limited to 100 people per session, 50 online and 50 on the spot).
-Huwon English guided tour (90mins) 11.30, 13.30, 14.30, 15.30-only on Feb-Oct).
-free English guided tour available 10.30, 14.30 (60 mins).

Nearby attraction:
Changgyeonggung, Insadong, Unhyeongung, Bukchon Hanok Village, Jogyesa Temple, Jongmyo Shrine.

Famous for:
Secret Garden (Huwon) tour.


Changgyeonggung
창경궁
Adults:
1000 won, 800 won (group).
Teenager (ages 7-18):
500 won.
Below 7 years old:
Free.


*integrated ticket available
Feb-May,Sep- Oct:
09.00-18.00.
Jun-Aug:
09.00-18.30.
Nov-Jan:
09.00-17.30.

*last admission 1hr before closing

Closed:
Monday
-Connected with Changdeokgung via Hamyangmun gate – near the entrance of Huwon.
-free English guided tour available 11.00, 16.00.
-The only palace that has a greenhouse inside the palace complex. (Closed for maintenance until Nov 2017 – scheduled).

Nearby attraction:
Changdeokgung, Hyehwa.

Famous for:
Beautiful scenery during spring and autumn.



Deoksugung 덕수궁
Adults:
1000 won, 800 won (group).
Children, Teenager:
500 won, 400 won (group).
Below 6 years old and senior ages 65 and more):
Free.

*integrated ticket available
09.00 – 21.00

*last admission 1hr before closing

Closed:
Monday
-The only palace with western style building inside the palace complex.
-Changing of The Royal Guards Ceremony 11.00, 14.00, 15,30.
-Pay 1 for 3 – 1 ticket for 3 places: Deoksugung, National Museum of Modern and Contemporary Art (MMCA) – free for permanent exhibition only, Seokjojeon hall (Daehan Empire Historical Museum) – advance reservation is required via Deoksugung official website, on the spot reservation only open for 5 foreign visitors per slot.
Admission time:
Weekdays: 12 times 09.30, 10.30, 11.00, 11.30,13.00, 13.30, 14.00, 14.30, 15.00, 15.30, 16.00, 17.00.
Weekends: 09.30 – 17.00 / 30 mins intervals.

-free English guided tour available 10.30, 13.30 (except on holiday).

Nearby attraction:
Seoul City Hall, Jeongdong Observatory, Jeongdong theatre, Cheonggyecheon plaza, Grevin Museum.

Famous for:
Contrast scenery where traditional buildings meet western style building, beautiful scenery during spring and autumn, Seokjojeon hall, Royal guard changing ceremony,Deoksugung doldamgil (stone palace wall).



Jongmyo Shrine
종묘
Adults:
1000 won.
Children, Teenager:
500 won, 400 won
Below 6 years old and senior ages 65 and more):
Free.

*integrated ticket available
Feb-May,Sep- Oct:
09.00-18.00.
Jun-Aug:
09.00-18.30.
Nov-Jan:
09.00-17.30.

*last admission 1hr before closing

Closed:
Tuesday
-open for guided tour only except on Saturday, schedule for guided tour in English: 10.00, 12.00, 14.00, 16.00.
-listed as UNESCO World Heritage site in 1995.
-The reenactment of the ancient Memorial Service ceremony (Jongmyo Jerye) is held on the first Sunday of May every year.

Nearby attraction:
Changdeokgung, Insadong, Bosingak Belfry.

Famous for:
Jongmyo Jaerye – The memorial services ceremony and Jongmyo Jaeryek – the musical part of the ceremony, collaboration of traditional songs, instruments and dances.


Gyeonghuigung 경희궁 Free
Weekdays:
09.00 – 18.00
Weekends:
10.00 – 18.00

Closed:
Monday, Jan 1.
-Pay 1 for 2 – 1 ticket for 2 places: Gyeonghuigung and Seoul Museum of History.

Nearby attraction:
Korean National Police Heritage museum (free admission), Seoul Museum of Art.
Unhyeongung 운현궁 Free
Apr-Oct:
10.00 – 18.00
Nov-Mar:
10.00 -17.00

*last admission 30 mins before closing.

Closed:
Monday (if Monday falls on public holiday – this palace will be open).
-Hanbok experience is available with additional charge.

Nearby attraction:
Changdeokgung, Bukchon Hanok Village, Insadong.

Famous for:
The reenactment of the Royal Wedding ceremony for King Gojong and Empress Myeongsong is held twice a year (April or May and Sept or Oct).

Visitors wearing hanbok can enter all palaces and Jongmyo Shrine for free.
Group: 10 people and more.
Integrated Palace ticket - 4 palaces (incld. Huwon /secret garden tour) + Jongmyo Shrine: 10000 won.
*all information was taken from english.visitkorea.or.kr and the official website of each palace:

@tee2cya



No comments:

Post a Comment