Friday, November 16, 2018

‘Dramaland’ Trip Itinerary #KeKoreaAja


Imagine yourself as a character in your favourite K-drama!
Pernahkah kamu merasakan menjadi karakter dalam drama Korea?


Itinerary winter Korea
My very own 'Dramaland' itinerary for #KeKoreaAja

Buat yang jawabannya pernah kayak saya,  itinerary ini bakalan cocok banget buat kamu. Apalagi kalau kamu adalah penggemar drama ‘Goblin’, ‘Descendants of The Sun’, ‘Fight for My Way’, What’s Wrong Secretary Kim, dan Weighlifting Fairy Kim Bok Joo.

Itinerari ini terinspirasi dari promotion video KTO x EXO “Have you ever…?” edisi korean wave yang dibintangi oleh Exo_D.O. Bedanya, kalau versi iklannya unsur ‘hallyu’ yang diangkat adalah K-Pop, kalau saya adalah K-drama. Kenapa K-drama? Alasannnya sederhana karena saya adalah penggemar K-drama (Walau belakangan ini tidak sempat untuk nonton K-drama huhuhu…).


Seperti yang mungkin kalian sudah ketahui, itinerary ini saya buat untuk di-submit ke event terbaru KTO #KeKoreaAja. Event ini adalah ajang perlombaan ujuk kemampuan untuk membuat itinerary perjalanan musim dingin selama 5 hari 4 malam di Korea. Dua orang peserta yang beruntung akan jalan jalan ke Korea Bersama Edhozell.

Itinerary ‘Dramaland’ saya ini, sesuai dengan judulnya akan mengunjungi lokasi-lokasi syuting drama-drama Korea di 4 kota/kabupaten : Seoul, Incheon, Pyeongchang, Daegu, dan Busan. Alasan kenapa saya memilih 4 kota itu adalah karena rata-rata dapat dijangkau dengan KTX, mengingat waktu kunjungan yang hanya 5 hari 4 malam.  Satu-satunya yang tidak dapat dijangkau oleh KTX adalah Pyeongchang, itulah kenapa saya taruh dia hari pertama, karena lebih mudah untuk dikunjungi dari Seoul.


Day 1: Pyeongchang

Incheon Airport – Pyeongchang – Woljeongsa Temple – Lunch at restaurant in the temple vicinity – Daegwallyeong Samyang Ranch – Yongpyong Ski Resort.
Saya sengaja memilih Pyeongchang sebagai tempat pemberhentian pertama karena ini trip musim dingin, ada baiknya kalau kita membiasakan diri dengan suhu udara musim dingin dulu. Nah, Pyeongchang ini adalah tempat terbaik untuk ini. Kalau di Pyeongchang aja kuat, dijamin di kota-kota lainnya juga kuat menahan dingin. Jadi, ke sini duluan biar di kota-kota berikutnya jadi lebih mudah. Bersusah susah dahulu, bersenang-senang kemudian 😊.

Transportasi dari ICN airport ke Pyeongchang – shuttle bus ski resort yang ada di bandara (waktu tempuh kurang lebih 3 jam).

Woljeongsa Temple

Lokasi syuting:  
Goblin
Adegan:
-  Saat Eun-Tak berduka atas nasibnya yang tragis : Fir Forest Path (Jalan setapak hutan cemara)
-  Saat Eun-tak bilang dia gak mau lagi ketemu Goblin dan berjalan meninggalkan Goblin : Jembatan Haetalgyeo – jalur masuk kuil.

Lunch

Dari info yang saya dapatkan, di sekitar kawasan Woljeongsa Temple banyak restaurant spesialisasi menunya Odaesan mountain sanche jeongsik. Ini adalah set menu yang terdiri dari sayur-sayuran berbumbu.

Daegwalyeong Samyang Ranch

Berjarak kurang lebih 40 menit naik mobil dari Woljeongsa temple.
Tempat ini viewnya bagus banget waktu winter.
Lokasi syuting:
Goblin
Adegan:
Saat Goblin lagi jalan sendirian tak jelas berada di dunia mana (antara hidup dan mati). Ini adegan yang ada narasinya itu loh, yang kayak puisi 😊.

Yongpyeong Ski Resort

Alasan kenapa saya memilih ski resort ini adalah karena resort ini adalah lokasi syuting drama Goblin juga. Di sini saya mau ambil kelas ski dan mainan sledding yang pake ban ini hahaha *saingan sama anak kecil.
Di ski resort ini sih kita gak Cuma hanya bisa main dan belajar ski, tapi juga ada indoor heated water park namanya Peak Island , sledding slope dan juga gondola tour yang merupakan gondola tour terpanjang di Asia 7,4 km.
Adegan:
-    Ini tempat si Eun-Tak ngumpet dari Goblin setelah tau kalau pedang-nya si Goblin sudah dicabut. Di ceritanya sih, Eun tak ‘alba’ di sini. Lokasi syutingnya: Yongpyeong Condominium C dan Yellow Ski Slope.
-    Saat Goblin bilang dia cinta sama Eun tak. Lokasi: Dragon Peak – 20 menit dengan gondola.



Day 2: Daegu

Daegu Modern Alley walking tour (3.1 Independence Movement Road – Cheongna Hill- Gyesan Cathedral – The Old House of Lee Sang Hwa – Yangnyeongsi Museum of Oriental Medicine – Yeongnamdaero ) – lunch at the restaurant in the modern alley vicinity – Apsan Observatory – Dinner at Anjirang Gopchang Alley – E-World Starlight Festival .
Dari Pyeongchang ke Daegu ini agak tricky transportasinya, udah coba cari informasi tapi belum mendapatkan yang benar-benar reliable. Kalau dari hasil kesimpulan sementara lebih baik kembali ke Seoul (+/- 3 jam) dulu, trus dari Seoul naik KTX ke DongDaegu station (+/- 1 jam 40 menit).
Semua tempat di Daegu dalam itinerary ini dapat ditempuh dengan subway.


Daegu Modern Alley

Perjalanan di kawasan ini akan mengunjungi beberapa spot yang lokasinya saling berdekatan. Tempat ini dapat dituju dengan subway turun di Banwoldang Station, dari station ini walking trail dimulai.
Jalur yang saya tulis di atas adalah salah satu jalur yang bisa dipilih dari beberapa opsi jalur yang direkomendasikan oleh Daegu Metropolitan City Tourism Organization. Saya memilh jalur yang ini karena jalur ini melewati semua lokasi yang ingin saya kunjungi., yaitu: Gyesan Cathedral (pengen ke sini karena waktu kemarin ke Daegu, gak bisa masuk ke dalam karena lagi ada misa, padahal penasaran pengen liat gambar orang-orang sucinya yang semua berpakaian hanbok), Yangnyeongsi Museum of Oriental Museum – ke sini karena mau nyobain rasanya rendam kaki pake rempah-rempah obat yang katanya bikin relax itu.

Lokasi syuting:
-         What’s Wrong with Secretary Kim – 3.1 Independence Movement Road – adegan saat Lee Young joon jalan-jalan bareng Kim Mi so dalam rangka business trip dan mengambil foto Kim mi so dengan pose yang lebay haha.

Makan siang juga saya jadwalkan di kawasan ini karena dari pengalaman trip Daegu kemarin, di sini banyak restaurant-restaurant model hanok yang makanannya enak-enak.

Apsan Observatory

Ini adalah outdoor observatory yang bisa dijangkau dengan hiking atau dengan kereta gantung. Untuk trip kali ini karena musim dingin dan keterbatasa waktu, saya tetap pilih naik kereta gantung saja 😊.

Lokasi syuting:
What’s wrong with secretary Kim

Adegan:
Saat business trip Lee Young Jun dan Kim Mi so di Daegu, keduanya sempat ngobrol di tempat terbuka dengan view yang bagus banget. Nah, tempat itu ternyata bukan rooftop hotel tapi merupakan outdoor observatory.

Dari perjalanan bareng KBS World Battle trip in Daegu kemarin, ke sininya malam hari dan viewnya bagus banget. Apsan Observatory ini adalah objek wisata favorit saya di Daegu. Viewnya bener-bener breathtaking dan bikin saya gak lagi takut ketinggian saking cakepnya.

Dinner di Anjirang Gopchang Alley

Tidak jauh dari Apsan Observatory, ada 1 lorong yang isinya restaurant gopchang semua.  Gopchang ini adalah salah satu makanan khas di Daegu yang terbuat dari jeroan babi / sapi. Pasangannya adalah Makchang. Biasanya disajikan ala BBQ.

E-World Starlight Festival

E-World ini adalah theme park di Daegu yang di tengahnya ada 83 tower yang jadi landmark Daegu.  Di Musim dingin, mulai bulan November, theme park ini selalu mengadakan event starlight festival. Dari pengalaman bulan September kemarin yang masih sisa sisa musim panas itu, E-World itu keren banget di malam hari karena dipenuhi dengan LED rose dan lampu-lampu, belum lagi 83 tower dan kereta gantung yang juga dihiasi lampu-lampu. Nah, karena ini starlight festival pastinya lebih wow lagi.
Lokasi syuting: 
Weightlifting Fairy Kim Bok Joo, saat adegan 1st date.


Day 3: Busan

Gamcheon Culture Village – Haedong Yonggungsa – Dalmajigil road – Hansung Apartement Building – Dinner  at BIFF Plaza area – Busan Christmas Tree Festival – cafe-ing at  Gwangalli Beach area -Gwangandaegyo viewing.

Untuk menuju Busan dari Daegu sangatlah mudah, untuk menghemat waktu, saya memilih untuk naik KTX dari DongDaegu station ke Busan Station biar seperti di film Train to Busan , kali aja ketemu sama zombie model ‘Gong Yoo’ *loh…

Semua lokasi di itinerary ini dapat dengan mudah di tempuh dengan subway + jalan kaki 😊.

Gamcheon Culture Village

Lokasi syuting: Running Man.
Transportasi: subway – Toseong st. (metro line 1) exit 6 + mini bus 1-1 / 2 /2-2 atau Geojeong St (metro line 1), exit 6 + mini bus 1 / 1-1. Turun di bus stop Gamjeong Elementary School Gamcheon Culture Village.

Haedong Yonggungsa

Kuil ini benernya bukanlah lokasi syuting drama tapi saya yakin pernah muncul di beberapa variety show.
Saya memasukkan kuil ini di itinerary karena kuil ini ada di bucket list Korea saya. Kuil ini terkenal dengan pemandangan lautnya. Di artikel-artikel sering disebut sebagai salah satu kuil tercantik di Korea.
Transportasi: Subway – Haeundae St (metro line 2), exit 7. Bus 100/181 rute ke Gijang, turun di Yonggungsa bus stop.

Dalmajigil Road

Ini adalah salah satu jalan popular di Busan,  sering disebut sebagai Montmartre-nya Korea, yang terkenal dengan keindahan pemandangannya karena terletak di atas bukit. Lokasinya gak jauh dari Haedong Yonggungsa, itulah kenapa saya memasukkan ini dalam itinerary. Di jalan ini juga banyak dipenuhi galeri, cafΓ© dan restaurant karenanya saya juga menjadwalkan untuk lunch di salah satu restaurant di jalan ini sambil menikmati pemandangannya.
Katanya sih jalan ini cakep banget di musim semi karena dipenuhi cherry blossom. Nah, biasanya tempat-tempat yang cakep di musim semi, di musim dingin juga gak kalah cakep *terutama setelah turun salju lebat 😊. Semoga Desember nanti saat trip ini turun salju ya.
Transportasi: Subway – Haeundae st , exit 3.

 Hansung Apartemen Building

Lokasi syuting: Fight For My Way – lokasi syuting ‘Namil villa’, tempat tinggal Choi Ae Ra.
Transportasi: Subway – Jigegol st (line 2), exit 2.

 Dinner di BIFF Plaza

Milih dinner di sini karena lokasinya yang gak jauh dari Hansung Apartemen Building dan tempat ini juga merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalau ke Busan karena merupakan salah satu venue dari acara tahunan Busan Internasional Film Festival.

Busan Christmas Tree Festival

Festival pohon natal Busan ini lokasinya juga tidak jauh dari BIFF Plaza, tepatnya di Gwangbok-ro.  Ini acara tahunan yang diadakan setiap bulan Desember di Busan.

Gwangalli Beach

Ngapain musim dingin ke pantai? Tenang ke sini bukan mau mantai tapi mau ngafe dan demi mendapat view terbaik dari Gwangandaegyo yang jadi landmark Busan itu.
Transportasi: Gwangan St (line 2).

Day 4: Seoul

Seoul Station -Seoullo 7017 – Lunch & Cultural experience at Korea House – Samcheongdong doldamgil - Jungang High School – Unhyeongung Western House in Duksung Women’s University complex – Lotte World Tower (Seoul Sky Observatory, Miniso) – Dongdaemun Design Plaza – late night shopping at Dongdaemun.

Dari Busan naik KTX ke Seoul biar cepat gak pake lama dan capek 😊, karena waktu begitu berharga. Di Seoul, kita akan tiba di Seoul Station, jadi pas banget tuh bisa langsung mengunjungi Seoullo 7017.

Seoullo 7017

Seoullo ini adalah sebuah taman yang dibangun di atas overpass yang telah diubah menjadi jalur pejalan kaki.
Lokasi syuting: Fight For My Way, adegan Choi Ae ra mencoba sneakers dari Park Moo Bin. Ini juga salah satu lokasi syuting promotional video Seoul yang dibintangi BTS.

Korea House

Tempat ini juga merupakan lokasi syuting-nya BTS.
Korea House ini selain merupakan restaurant yang menyajikan menu-menu special khas Korea, termasuk di dalamnya masakan khas istana kerajaan Joseon.
Pengennya sih makan siang di sini dan milih paket yang masakan istana.

Samcheongdong doldamgil

Lokasi Syuting: Goblin, ini adalah tempat pertemuan pertam Goblin dan Eun Tak.

Jungang High School

Lokasi syuting: Winter Sonata; Goblin, di film, sekolah ini adalah sekolahnya Ji Eun Tak.

Unhyeongung Western House

Lokasi syuting: Goblin, ini tempat syuting rumahnya Goblin dan di drama Princess Hours jadi rumah kediaman Putera mahkota Shin.

Lotte World Tower

Biar kata lokasi Lotte World Tower ini cukup jauh dari Unhyeongung Western House, saya tetap memasukkannya dalam itinerary karena saya belum pernah kesana dan tower ini juga jadi lokasi syuting dari beberapa drama, termasuk drama Goblin (lagi!).
Tempat yang akan dikunjungi di Lotte World Tower: Seoul Sky Observatory dan Miniso Lotte World Mall (ini Miniso tempat Eun Tak beli-beli barang sebelum pindahan ke rumah Goblin.

Dongdaemun Design Plaza (DDP) dan Dongdaemun late night shopping

Waktunya belanja! 😊
Biar puas belanjanya dan gak dikejar-kejar waktu tutup toko, saya pilih belanjanya di Dongdaemun karena di sini mal dan toko buka sampai pagi. Pokoknya bisa shop ‘till drop dah.
Karena udah di sini, sekalian juga mampir ke DDP. DDP ini sering banget jadi lokasi syuting drama, salah duanya The Producer dan My Love from The Star.
Kalau memungkinkan bisa juga sekalian late night dinner di Seorae Galmaegi – ini lokasi syuting Descendants of The Sun juga – pas adegan 72 jam non-stop minum birnya Seo Dae yong sama Shi Jin.

Day 5: Incheon

Songdo International Business District (Central Park, Tri bowl, Dal,komm coffee, G Tower Skypark, Oakwood Premiere Incheon Hotel) – Hanmi Bookstore (Incheon Baedari used bookstore street) – Incheon airport.
Saya sengaja menjadwalkan Incheon di hari terakhir karena bandara adanya di Incheon *penting* , jadi gak buru-buru jalan-jalannnya.
Nah untuk bisa memakai itinerary ini, penerbangan balik ke Jakarta harus yang paling sore kalau perlu paling malam. Setau saya sih yang paling sore itu adanya jam 17.00.

 Songdo International Business District (IBD)

Songdo IBD ini seringkali muncul di variety show Korea, drama dan juga film. Tempat -tempat yang bakal saya kunjungi adalah lokasi syuting dari drama  Oh My Venus , Legend of the blue sea, Descendants of The Sun.
Dal.komm coffee Central Park ini adalah coffee yang dikunjungi Si Jin dan Moo Yeon setelah nonton  bareng (episode 2). Begitu juga G Tower Skypark juga salah satu lokasi syuting Legend of the blue sea.
Sementara Tri bowl adalah lokasi syuting dari Legend of The Blue Sea. Oakwood Premiere Incheon Hotel – lokasi syuting Oh My Venus.

Hanmi Bookstore

Toko buku ini adalah lokasi syuting dari Goblin, tempat di mana Goblin menunjukan perasaan Sukanya ke Euntak.

Demikian itinerary ‘Dramaland’ versi saya. Semoga bisa segera direalisasikan. Untuk saat ini postingan ini tanpa foto dulu ya, nanti kalau sudah di realisasikan baru kita upload satu-satu fotonya ^^.

Satu hal terakhir, apa saja yang ingin saya lakukan di tiap lokasi tersebut ? Kalau kemarin saat KBS World Battle Trip in Daegu saya recreating drama scene lewat video, hmm.. kali ini mungkin boleh dicoba juga wkwk atau mari kita berpose seperti adegan dalam drama mumpung pemeran prianya sudah pasti tersedia hahahha…

Wish me luck!



1 comment:

  1. Dramaland is very good and very interesting. I want to take my family on vacation there. Thank you for sharing your experiences and knowledge about holidays. villakubu.com

    ReplyDelete