Tuesday, November 19, 2019

Blue House Tour (Again) - TIPS

Cheongwadae tour tips
The main building of Blue House in May 2019


Kalau Amerika Serikat punya The White House, Korea Selatan punya The Blue House. Sama halnya dengan White House, Blue House atau dalam bahasa Korea disebut Cheongwadae (cwd) ini juga berfungsi sebagai tempat tinggal dan kantor resmi Presiden Korea Selatan. Lokasinya berada di pusat kota Seoul tepatnya berada dibelakang istana Gyeongbok.

Buat orang awam seperti kita, kunjungan ke cwd ini hanya dapat dilakukan dengan ikutan cwd tur yang aplikasinya harus dilakukan jauh-jauh hari (aplikasi dibuka 3 minggu sebelum tanggal tur). Gue sendiri di tahun 2019 mengunjungi cwd 3 kali, masing-masing di bulan April, Mei, dan Oktober. Itupun, kunjungan di bulan Mei bukanlah lewat tur melainkan kunjungan atas undangan untuk menghadiri Induction Ceremony Korea.net Honorary Reporters. (Baca selengkapnya disini).

Sebelum tahun 2019, gue pun sudah pernah ikutan tur cwd tahun 2015 waktu spring juga yang berakhir agak tragis karena berujung gue kehilangan foto-foto di hp gue yang sepertinya ke-delete sama petugas keamanan cwd huhuhu... (Baca selengkapnya di sini)

Karena sebelumnya gue udah pernah ngebahas soal cwd, untuk kali ini gue gak akan membahas mengenai tur ini dengan detail. Di postingan kali ini gue hanya akan sharing tips-tips berdasarkan pengalaman gue 4 kali ke sini.

  1. Daftar jauh-jauh hari . Tur ini terbuka untuk orang asing dan lokal, jadi peminatnya cukup banyak. Kalau mau pergi beramai-ramai daftarlah jauh-jauh hari. Pendaftaran tur sudah dibuka 3 minggu sebelum tanggal tur.
  2. Waktu memasukkan data di aplikasi tur, pastikan data yang kalian masukkan benar karena nantinya akan dilakukan verifikasi data dengan paspor. Perbedaan data bisa menyebabkan kalian ditolak ikutan tur. Pastikan juga yang kalian daftarkan masih aktif saat tanggal kunjungan karena kalau tidak biarpun namanya sama, kalau nomor paspornya beda, kalian juga akan ditolak.
  3. Pastikan kalian benar-benar free di tanggal dan jam yang kalian pilih. Sayang banget kan slot yang kalian pilih jadi mubazir kalau sampai kalian berhalangan hadiri, padahal ada banyak orang di luar sana yang mau daftar tur ini gak kebagian slot.
  4. Tur akan berlangsung sekitar 1 jam, tapi biar amannya kosongkan waktu kalian 2 – 3 jam, perhitungkan juga waktu tempuh kalian dari dan menuju ke lokasi. Begitu pula kalau misalkan ada keterlambatan dari tur.
  5. Bawa barang seperlunya saat tur karena akan ada pemeriksaan tas. Hindari membawa barang yang aneh-aneh biar gak ditanya sama petugas. Pengalaman kemarin ada teman yang bawa korek, sukses ditanya dan ditahan koreknya. Ada lagi yang bawa air minum, gak tanggung-tanggung 3 botol, alhasil dia disuruh nyobain minum masing-masing botol. Gue sendiri bawa antis, juga diminta untuk menuangkan antisnya di tangan gue di depan petugas. Gue juga pernah ditanya untuk retractable powder brush gue. Ini ujung-ujungnya gue harus mempraktekan cara penggunaan powder brush tersebut ke petugas. Fiuh! Kalau bisa sih bawa dompet, ID, paspor, tissue dan hp saja. Sisanya titipkan saja di loker di subway station. Jangan bawa makanan ke sini.
  6. Datang sebelum jam meeting yang ditentukan. Jangan telat. Kalau telat, dijamin kalian tidak akan diperbolehkan untuk menyusul dan gagal ikutan tur. Jangan datang mepet juga biar gak diburu-buruin. Berilah kesan yang baik sebagai orang Indonesia – ingat mereka cek paspor kita, jadi secara tidak langsung kita membawa image negara kan?! Buat yang datang ke lokasi meeting point dengan subway, alokasikan waktu lebih untuk berjalan kaki dari subway station ke East gate parking lot-nya Gyeongbokgung. Subway terdekat adalah Gyeongbokgung station (line 3) exit 5. (buat yang ke sini di hari Selasa-saat Gyeongbokgung tutup, kalian harus keluar dari exit 4 yang berarti perlu extra waktu lagi untuk berjalan ke meeting point). Kalau gue sih biasanya melebihkan waktu 1 jam lebih awal untuk tiba di subway station terdekat biar jalannya gak buru-buru dan masih bisa foto-foto.
  7. Taati semua aturan yang ada. Hanya mengambil foto di tempat yang diperbolehkan dan dengan background yang telah ditentukan. Jangan mencobai petugas yang ada hehehe biar kata petugasnya keren-keren, tetap jangan coba-coba, ntar kena batunya kayak gue tahun 2015 kemarin.
  8. Pakai pakaian dan alas kaki yang nyaman tapi tetap sopan. Kalian gak mau kan foto kalian di depan gedung utama Blue House pas kalian lagi pake kaos sekenanya. Saran gue sih pake baju smart casual atau formal (biar berasa staff) dan bersepatu sneakers soalnya ada jalanan yang agak menanjak.
    My photo collections with the main building as the background.
    LEFT: (top) a selca in April 2019, (bottom) May 2019; RIGHT: October 2019
  9. Ada 2 pilihan souvenir yang ada saat ini (masa pemerintahan Pres. Moon): Landyard beserta dompet kartunya berlogo cwd – ini biasa diberikan ke anak-anak, dan mug berlogo cwd – ini biasa diberikan ke dewasa. Nah, buat backpacker yang gak mau ribet bau mug yang berat dan makan tempat, boleh kok minta tuker ke landyard. Gue sendiri berhasil minta tuker di kunjungan gue di bulan Oktober kemarin hehe..
    Blue house tour souvenirr
    Cheongwadae tour's souvenir - LEFT: landyard & wallet (for children), RIGHT: Mug (for adult) 
  10. Tur akan dibawakan fully dalam bahasa Korea, karenanya sesaat setelah kalian melewati screening kalian bisa meminjam audio guide bahasa Inggris. Nanti paspor kalian akan diminta sebagai jaminan. Jangan khawatir, nanti saat di rute terakhir, paspor kalian akan dikembalikan langsung segera setelah kalian mengembalikan audio guidenya.
  11. Saat tiba di the press center, sebelum memasuki screening, sangat disarankan untuk ke toilet dulu, karena setelah masuk ke dalam, kalian tidak lagi diperbolehkan untuk ke toilet apapun alasannnya. Pengalaman kemarin, ada anak kecil Korea kebelet pipis sampe rewel pun tetap gak diperbolehkan untuk ke toilet.
  12. Salah satu rute tur adalah gedung utama Blue House – ini gedung yang beratap biru itu. Nah di sini, kalian akan diberikan waktu untuk berfoto di depannya. Disini, gunakan kemampuan selfie kalian. Usahakan cari tempat yang tidak lazim supaya foto kalian tidak bocor karena biasanya seluruh peserta tur akan rebutan foto di sini. Oh ya, kalau mau minta tolong orang, liat-liat dulu juga orangnya, hehehe.. jangan sampai kesempatan langka untuk foto disini hilang karena fotografer kurang canggih. Amannya sih selfie atau gantian foto-in-nya. Gunakan continues shoot di sini. Biar kalian bisa pilih foto terbagus. Percaya deh, untuk foto di sini dengan background full tanpa terpotong dan bocor itu suatu tantangan tersendiri.
  13. Setelah rute terakhir di Yeongbin-gwan (The State Guest House) kalian akan diberi opsi untuk melanjutkan tur ke Chilgung (sebuah shrine tempat disimpannya tablet 7 orang selir jaman dinasti Joseon yang putranya menjadi raja dinasti Joseon – salah satu diantaranya adalah Jang Hui bin yang pernah diperankan oleh Kim Tae-hee di drama itu) atau ke Cheongwadae Sarangchae (ini adalah museum cheongwadae yang letaknya tepat di seberang state guest house). Saran gue sih ikutan saja ke Chilgung kalau kalian masih punya waktu luang. Setelah itu kalian masih bisa kok berkunjung ke sarangchae.
    Cheongwadae Sarangchae 
  14. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Cheongwadae Sarangchae setelah ikutan tur cwd. Museum cwd ini menarik untuk dikunjungi, di lantai 2 nya ada beberapa foto spot juga yang bertemakan cwd, diantaranya meja kerja kepresidenan seperti yang biasa ada di Madame Tussaud. Selain itu di museum ini, kalian juga bisa membeli souvenir yang menjual merchandise-merchandise berlogo cwd plus juga ada kotak pos 'late post' yang memungkinkan kalian untuk mengirim kartu pos ke mana saja yang nantinya kartu pos itu baru akan dikirimkan ke tempat tujuan 1 tahun kemudian. Untuk mengirimkan kartu pos ini kalian cukup membeli kartu pos di toko souvenir (harga mulai 2000 won), menuliskan alamat tujuan dan pesan, dan tinggal masukin ke boxnya. Tidak perlu pakai perangko.
    TOP: Photospot at Cheongwadae Sarangchae
    BOTTOM: late post service - you can find this post box in front of the souvenir shop

  15. Tur cwd ini sangat disarankan untuk digabungkan dengan kunjungan ke Gyeongbokgung, National Palace Museum of Korea ataupun Tongin Market yang berada tidak jauh lokasi.

Detail tentang Cwd tur dapat diakses di website resmi kepresidenan Korea Selatan berikut ini:
*mohon maaf gue gak bisa memberikan link langsung ke form aplikasi tur karena website ini berubah melulu. Pengalaman dulu, link-nya bolak balik gak berfungsi. Untuk saat ini, yang perlu kalian lakukan setelah masuk ke website ini ganti bahasanya ke bahasa Inggris, terus pilih contact us – general information. Ini akan membawa kalian otomatis masuk ke halaman tour. (kalau masih gak berhasil boleh leave comment atau email gue atau dm gue di SNS – ntar gue bantu sebisanya gue)

Biaya tur : Free (advance booking is required).


Interesting photo that I found on the mini photo exhibition near the entrance of the cwd tour briefing room. 


No comments:

Post a Comment